Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Juni, GT Cibubur Utama dan Cimanggis Utama Tak Lagi Difungsikan

Kompas.com - 03/06/2017, 17:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Rencana penonaktifan Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama di Tol Jagorawi, menemui titik terang.

Gerbang tol yang kerap menjadi momok kemacetan bagi pengguna jalan tol itu tak lagi difungsikan pada pertengahan bulan Juni 2017.

"Insya Allah bulan ini, kita rencanakan pada tanggal 18 Juni," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna saat diskusi di Galeri Nasional Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Meski tak lagi berfungsi, ia mengatakan, tidak serta merta kedua gerbang tol langsung dibongkar. Hanya, transaksi masyarakat yang biasa terjadi di kedua gerbang itu tak lagi dilakukan.

"Tapi kita akan lihat lagi, sebelum terjadi kemacetan di ujung-ujungnya," tambah dia.

Dengan adanya pemberlakuan tersebut, waktu transaksi diperkirakan akan lebih efisien. Sebab, masyarakat yang sebelumnya harus melakukan dua kali transaksi, kini cukup sekali transaksi.

Adapun pengguna jalan tol dari arah Jakarta menuju Ciawi akan membayar tol di akses keluar atau off ramp, sedangkan pengguna jalan tol dari arah Ciawi menuju Jakarta akan membayar di akses masuk atau on ramp.

Sementara itu, hingga kini belum ditetapkan berapa tarif yang akan dibebankan kepada masyarakat dengan pemberlakukan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com