Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lokasi "Parking Bay" di Sepanjang Jalan Tol Jakarta-Pemalang

Kompas.com - 03/06/2017, 14:26 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Guna menunjang kenyamanan pemudik tahun 2017 ini, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyediakan belasan parking bay mulai dari Jakarta hingga Pemalang.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, penyediaan parking bay ditujukan untuk menunjang keberadaan rest area atau tempat istirahat utama yang sudah ada.

Dengan demikian diharapkan tidak terjadi kepadatan di rest area yang berdampak pada kemacetan di jalan tol.

"Parking bay itu, bukan untuk tempat istrahat berlama-lama. Tapi hanya untuk sebentar saja, untuk pengendara yang membutuhkan toilet setelah itu jalan kembali, sehingga tidak terjadi penumpukan,” kata Herry dalam sebuah diskusi di Galeri Nasional Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Herry menjelaskan, untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek, parking bay terdapat di KM 18, KM 41 dan KM 59 arah timur. Sedangkan arah sebaliknya berada di KM 33 dan KM 58.

Untuk ruas Tol Cipali, parking bay tersedia di kedua arah di titik KM 78, KM 153, dan KM 133+500.

Sementara di titik KM 191+400 ruas Tol Palimanan-Kanci dan KM 282+500 ruas Tol Pejagan Pemalang di kedua arah.

Stanly/Otomania Rest Area KM 19 Cikampek
Lebih jauh, Herry mengimbau masyarakat menggunakan uang elektronik saat bertransaksi di gerbang tol.

Selain memudahkan proses transaksi dan efisiensi waktu, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga menerapkan diskon 20 persen bagi para pengguna uang elektronik.

Penambahan "rest area"

Selain parking bay, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR juga berencana menambah fasilitas sanitasi di 11 rest area Jalan Tol Trans-Jawa.

Penambahan itu terdiri dari 13 unit toilet cabin, masing-masing terdapat empat bilik toilet, serta 13 unit hidran umum.

Di samping itu juga diturunkan 30 personel yang akan bersiaga mulai 15 Juni-9 Juli 2017. Adapun titik lokasi penambahan fasilitas saat arus mudik 15-27 Juni, berada di rest area KM 43 dan KM 68A Tol Jakarta-Merak, rest area KM 147 di Tol Purbaleunyi, dan rest area KM 166 dan KM 207 di Tol Cipali-Pejagan.

Sementara saat arus balik, fasilitas tambahan itu akan berada di rest area KM 45 dan KM 68B Tol Jakarta-Merak, rest area KM 125 dan KM 72B Tol Purbaleunyi, dan rest area KM 164 dan KM 208 Tol Cipali-Pejagan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com