Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Melewati Dua Perlintasan KA di Pantura Kendal

Kompas.com - 02/06/2017, 12:00 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Pemudik yang melewat dua lintasan kereta api (KA) di Jalur Pantura Kendal, Jawa Tengah, harus berhati-hati.

Dua lintasan kereta api yang ada di Weleri dan Kaliwungu itu, membahayakan pengguna jalan. Apalagi sewaktu atau sesudah turun hujan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Jawa Tengah, M Toha, mengatakan telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, di antaranya dengan PT KAI (persero) dan Polres Kendal. Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan.

“PT KAI sudah memperbaiki jalan yang ada di sekitar rel. Hasilnya, jalan tersebut sudah baik dan rata dengan rel,” kata Toha.

Toha menambahkan, Dinas Perhubungan akan memasang tulisan peringatan, supaya pengguna jalan atau pemudik yang melintas lebih berhati -hati.

“Sebaiknya pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, jangan lewat kota Weleri dan Kaliwungu. Lebih aman kalau lewat jalan lingkar Weleri dan Kaliwungu,” himbaunya.

Terkait dengan hal itu, Kasatlantas Polres Kendal, AKP Edy Sutrisno, mengatakan kondisi jalan dengan rel kereta api sudah rata. Hanya relnya yang masih melintang. Namun begitu, Ia meminta pengguna kendaraan roda dua, agar hati-hati.

“Saya hanya minta kepada pengguna jalan, agar jangan menerobos palang pintu, bila ada kereta lewat. Sebab itu sangat membahayakan,” kata Edy.

Edy mengaku, telah menilang kendaraan yang menerobos palang pintu kereta api. Jumlahnya ada puluhan.

“Alasan mereka menerobos, karena tergesa-gesa,” ujarnya.

Edy menyarankan pemudik dengan tujuan Semarang dan sekitarnya, agar lewat jalan lingkar Weleri dan Kaliwungu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com