Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Arah Tuban, Hati-hati Jalur Sempit

Kompas.com - 29/05/2017, 03:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

TUBAN, KompasProperti - Jalur Pantai Utara (Pantura) yang menghubungkan Semarang, Jawa Tengah hingga Tuban, Jawa Timur, terpantau dalam kondisi cukup baik.

Meski ada sejumlah perbaikan di beberapa ruas, namun hal tersebut diperkirakan tidak akan terlalu mengganggu bila dilewati pengendara saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Berdasarkan pantaun Tim MudikGesit Kompas Gramedia pada Selasa (23/5/2017) lalu, kondisi jalan mulai dari Semarang melewati Demak menuju Kudus, Pati, Rembang hingga Tuban cukup mulus.

Adapun sejumlah perbaikan jalan terdapat di depan kawasan industri Semarang, Jalan Raya Sluke di Rembang, dan Jalan Raya Tambakboyo di Tuban.

Perbaikan itu mulai dari peninggian jalan dengan menggunakan lapisan cor beton, penambalan aspal hingga perbaikan jembatan.

Untuk ruas jalan antara Semarang hingga Kudus, kondisi jalan terdiri dari dua jalur dan empat lajur, yaitu dua lajur menuju Jawa Timur dan dua lajur arah sebaliknya.

Begitu memasuki Pati menuju Rembang, Lasem, hingga Tuban, ruas jalan menyempit. Hanya ada dua jalur yang masing-masing satu lajur berlawanan arah yang diperlebar dengan bahu jalan.

Perlu diwaspadai, bahwa ruas Semarang hingga Tuban sepanjang 207 kilometer itu, sering dilalui kendaraan besar, seperti bus dan truk.

Sementara, jalan yang tidak terlalu lebar cukup menyulitkan para pengguna kendaraan pribadi terutama saat akan menyalip kendaraan yang ada di depannya.

Pengendara pribadi yang melintasi ruas Pati hingga Tuban memiliki kebiasaan memanfaatkan bahu jalan ketika akan menyalip.

Hal tersebut cukup berbahaya, karena rawan terjadi kecelakaan terutama bila setelah menyalip ada jembatan di depannya.

Selain itu, jalan penghubung antar-kota juga minim lampu penerangan jalan umum. Selain lampu kendaraan masing-masing, pengendara hanya dibantu penerangan yang berasal dari lampu rumah warga yang berada di kanan kiri jalan.

Namun, bila telah memasuki kawasan pusat perkotaan/kabupaten, lampu penerangan jalan tersebar merata di sepanjang jalan yang dilintasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com