Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Minta Wisma Atlet Dijaga Agar Tidak Kumuh

Kompas.com - 26/05/2017, 11:20 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

PALEMBANG, KompasProperti - Beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan dalam rangka menyiapkan hunian rumah susun milik (rusunami).

Hunian tersebut disiapkan sebagai tempat tinggal para atlet yang mengikuti perhelatan Asian Games 2018 mendatang di Jakabaring, Palembang.

Setelah perhelatan usai, rusunami ini rencananya akan ditempati oleh masyarakat Sumatera Selatan, khusunya para pegawai negeri sipil (PNS).

Dalam kunjungannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta Perum Perumnas sebagai pengelola pada tahun pertama rusunami beroperasi, untuk menjaganya secara baik-baik.

"Harus diperhatikan betul pengelolaannya, jangan sampai jadi kumuh sebelum ditempati (masyarakat)," ujar wanita yang kerap disapa Ani tersebut, Rabu (24/5/2017).

Rusunami ini menelan biaya Rp 300 miliar dengan perkembangan pembangunan struktur bawah sudah selesai.

Jika sesuai jadwal, pembangunan akan selesai Desember tahun ini dan Januari 2018 sudah bisa digunakan.

Perumnas merupakan pengembang dalam pembangunan rusunami tersebut dibantu pengerjaan struktur bawah oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk, menara 1 dan 2 oleh PT PP (Persero) Tbk serta menara 3 oleh PT Nindya Karya (Persero).

Mulanya, rusunami ini berjumlah 2.748 unit. Namun karena jumlah atlet berkisar 2.000-2.500 orang dan satu unit bisa dihuni 2-3 atlet, maka jumlah unit diturunkan menjadi 1.226.

Hingga saat ini sudah terpesan oleh masyarakat sebanyak 817 unit atau 66 persen. Pilihan tipeny mulai dari studio 23 meter persegi dan 2 kamar tidur seluas 33 meter persegi.

Harganya masing-masing Rp 204 juta untuk studio dan Rp 284 juta untuk unit 2 kamar tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com