Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol dari Pasekaran-Gringsing Akan Difungsikan untuk Pemudik ke Jateng dan Jatim

Kompas.com - 24/05/2017, 10:53 WIB
Dani Prabowo

Penulis

BATANG, KompasProperti - Jalan Tol Batang-Semarang akan difungsikan atau dibuka sementara pada H-10 lebaran tahun ini. Dari lima seksi yang ada, hanya Seksi I dan II yang akan dibuka.

Seksi I yakni Pasekaran-Kandeman dan Seksi II yaitu Kandeman-Gringsing. Sedangkan, tiga seksi yang belum dibuka yakni Seksi III Gringsing-Weleri, Seksi IV Weleri-Kaliwungu dan Seksi V Kaliwungu-Krapyak.

"Jadi yang dibuka dari Pasekaran sampai sini (Gringsing). Panjangnya 36 kilometer," kata seorang petugas proyek Batang-Semarang, Rizki Maulana, Senin (22/5/2017).

Ia memastikan, bahwa seluruh ruas jalur yang akan dilalui pemudik akan dilapisi lean concrete setebal 10-15 sentimeter dan lebar tujuh meter. Dengan demikian, pemudik tak perlu khawatir terpapar debu bertebangan bila mereka terkena macet saat mudik.

Baca: Jokowi Yakin Tol Batang-Semarang Beroperasi Lebaran 2017

Berdasarkan pantauan Tim MudikGesit Kompas Gramedia di exit toll Gringsing, pemasangan lean concrete hampir rampung. Sejumlah alat berat dioperasikan untuk meratakan tanah yang nantinya akan dibangun jalan utama ruas tol tersebut setelah mudik lebaran usai.

Beberapa kali truk pengangkut tanah mondar-mandir untuk memindahkan tanah yang telah diangkut. Sebuah ekskavator besar mengeruk tanah yang dipindahkan, sementara beberapa ekskavator kecil bekerja meratakan tanah.

Baca: Polres Batang Desak Waskita Bereskan Tol Batang-Semarang

Bila nantinya exit toll Gringsing dioperasikan, maka pemudik tinggal memasuki Kabupaten Kendal untuk melanjutkan perjalanan.

Rest area disiapkan

Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang Saut Situmorang mengatakan, rest area di Jalan Tol Batang-Semarang akan disiapkan di dua titik yakni di desa Gedawung atau STA 391+400 dan Desa Wangunrejo di STA 402+

700. Rest area ini dilengkapi dengan fasilitas istirahat, tempat ibadah, toilet hingga fasilitas pendukung lainnya.

"Kami siapkan rest area khusus untuk fungsional selama arus mudik berlangsung. Ini untuk istirahat pemudik," kata Saut, di Semarang, Selasa (23/5/2017).

Kompas TV Ganjar Pranowo Tinjau Proyek Tol Batang-Semarang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com