Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siloam Akuisisi RS Putera Bahagia Cirebon Senilai Rp 130 Miliar

Kompas.com - 23/05/2017, 23:03 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

TANGERANG, KompasProperti - PT Siloam International Hospitals Tbk. (Siloam) mengumumkan akuisisi Rumah Sakit Umum Putera Bahagia (RSUPB) di Cirebon,

Akuisisi ini akan dilakukan melalui perolehan kepemilikan 100 persen oleh Siloam atas RSUPB, sebesar Rp 130 miliar.

RSUPB adalah rumah sakit dengan kapasitas 105 tempat tidur, dengan bangunan empat lantai seluas 8.209 meter persegi dan tanah seluas 5.329 meter persegi.

Rumah sakit yang telah terdaftar untuk melayani pasien BPJS Kesehatan ini dikunjungi sekitar 6.000 pasien rawat jalan dan 340 admisi rawat inap tiap bulan.

Saat ini 100 tempat tidur operasional memiliki tingkat utilisasi 63 persen yang menghasilkan Rp 63 miliar pendapatan per tahun.

Ke depannya, Siloam merencanakan untuk meningkatkan kapasitas tempat tidur dan memperbaiki fasilitas serta layanan dengan menginstal peralatan medis state-of-the-art medical equipment seperti MRI dan CT-Scan.

Presiden Direktur Siloam Ketut Budi Wijaya menyatakan Cirebon sebagai pusat pertumbuhan baru di timur Jawa Barat memiliki potensi yang sangat besar.

Terdapat dua mega proyek infrastruktur yang sedang dibangun dalam radius 60 kilometer dari Cirebon, yaitu Bandar Udara Internasional Kertajati dan Patimban deep-sea port.

"Dengan alasan ini, kami sangat senang dapat memasukkan Rumah Sakit Umum Putera Bahagia ke dalam portofolio kami," kata Budi dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Selasa (23/5/2017).

Dia melanjutkan, akuisisi ini akan berkontribusi pada pendapatan perseroan. Lebih penting lagi, akuisisi semakin memperkuat kehadiran Siloam di daerah Jawa Barat sebagai rumah sakit ke-10 perseroan yang berlokasi di provinsi terpadat di Indonesia dengan 47 juta penduduk.

Siloam adalah salah satu anak perusahaan dari PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) yang mengelola 26 rumah sakit, 16 klinik di 19 kota di seluruh Indonesia, dengan 5.300 kapasitas tempat tidur, didukung 2.400 spesialis dan dokter umum dan 8.600 perawat serta staf pendukung.

Siloam juga merupakan rumah sakit pertama di Indonesia yang diakreditasi oleh JCI dan beberapa kali mendapatkan penghargaan dari Frost & Sullivan untuk “Indonesia’s Healthcare Service Provider of the Year".

Siloam terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan kode "SILO" dan kapitalisasi pasar Rp 15,3 triliun atau 1.154,5 juta dollar AS per tanggal 22 Mei 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com