Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delta Mas Bagikan Dividen Rp 723 miliar

Kompas.com - 23/05/2017, 16:19 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti — Pengembang kawasan terpadu Kota Deltamas, PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2016 sebesar Rp 723 miliar atau setara Rp 15 per saham.

Pembagian dividen tunai tersebut telah memperoleh persetujuan dari pemegang saham Perseroan yang hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan DMAS (RUPS Tahunan) yang digelar di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Senin (22/5/2017).

"Kami telah menganggarkan dana belanja modal pengembangan kawasan Kota Deltamas. Kami memutuskan membagikan dividen tunai sebesar Rp 723 miliar,” ujar Direktur Independen dan Sekretaris Perusahaan Tondy Suwanto, melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti.

Dividen tunai tersebut rencananya akan dibagikan pada tanggal 23 Juni 2017.

DMAS yang merupakan bagian dari Sinarmas Land dan Sojitz Corporation, mengembangkan Kota Deltamas dengan luas mencapai sekitar 3.200 hektar.

Hingga saat ini, perseroan sudah menjual 36 hektar lahan industrinya, atau sekitar 60 persen dari target penjualan lahan industri pada tahun 2017 seluas 60 hektar.

Di samping itu, Puradelta tengah bernegosiasi dengan sejumlah calon konsumen yang ingin membeli lahan dengan luas permintaan keseluruhan mencapai sekitar 100 hektar.

Beroperasinya pabrik-pabrik di kawasan industri di Kota Deltamas akan mendorong bertambahnya populasi kerja di kawasan Kota Deltamas.

Pabrik Mitsubishi yang telah dibuka sejak tanggal 25 April 2017 diperkirakan dapat menyerap tenaga kerja mencapai 3.000 orang.

“Kami meyakini bahwa meningkatnya populasi kerja dan aktivitas industri di Kota Deltamas juga akan berdampak positif terhadap pengembangan area hunian dan komersial di Kota Deltamas,” sebut Tondy.

Kontribusi

DMAS juga terus melakukan diversifikasi produk, tidak hanya industrial, tetapi juga hunian dan komersial.

Langkah tersebut mulai memberikan kontribusi terhadap pendapatan Perseroan pada kuartal I tahun ini.

Sepanjang kuartal pertama tahun ini, kontribusi segmen industri mencapai 80,5 persen dari total pendapatan, sedangkan kontribusi segmen hunian dan komersial masing-masing adalah 3,8 persen dan 12,1 persen.

Selain itu, segmen rental dan segmen hotel secara keseluruhan juga mulai menunjukkan kontribusi yang signifikan sebesar 3,6 persen.

Hal ini berbeda dibandingkan periode yang sama tahun lalu di mana kontribusi segmen industri mencapai 98,7 persen dari total pendapatan, sedangkan sisanya disumbangkan segmen hunian sebesar 1,3 persen.

Pada kuartal I-2016, segmen komersial belum memberikan kontribusi terhadap pendapatan perseroan.

“DMAS akan terus mengembangkan area komersialnya untuk memberikan fasilitas bagi para penghuni di Kota Deltamas, termasuk menghadirkan sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan,” imbuh Tondy.

Di dalam RUPS Tahunan, hingga periode 30 September 2016, DMAS telah menggunakan seluruh dana bersih penawaran umum perdana saham (IPO) sebesar Rp 978 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com