Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruas Pantura Bakal Ditutup saat Penyambungan "Flyover" Kandeman

Kompas.com - 23/05/2017, 10:31 WIB
Dani Prabowo

Penulis

Batang, KompasProperti - Mendekati Ramadhan tahun ini pengerjaan proyek jalan tol Batang-Semarang terus dikebut. Pasalnya, dua dari lima seksi yang dimiliki jalan tol tersebut, akan dibuka secara fungsional pada H-10 lebaran.

Salah satu ruas yang kini tengah disiapkan adalah jalan layang (flyover) Kandeman di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Menurut rencana, konstruksi jalan layang yang membelah jalur Pantura di Kabupaten Batang itu akan disambungkan pada Kamis (25/5/2017) pekan ini.

"Kamis besok akan ada erection penyambungan," kata salah seorang petugas proyek Batang-Semarang, Rizki Maulana, Senin (22/5/2017).

Berdasarkan informasi yang diperoleh KompasProperti, nantinya akan dilangsungkan pemasangan girder atau balok jembatan sepanjang 50,8 meter sebanyak 12 buah. Proses pemasangan itu akan dimulai pukul 07.00 WIB.

Untuk memasang sebuah girder itu dibutuhkan waktu 40 menit. Dalam sekali pengerjaan, ada tiga buah girder yang akan dipasang. Artinya, dalam setiap proses pengerjaan, ruas jalan Pantura akan ditutup selama dua jam.

Setelah itu, jalan akan kembali dibuka hanya selama satu jam agar masyarakat dapat melaluinya. Sementara itu, pekerjaan dilanjutkan lagi dengan pengelasan.

Rizki menjelaskan, ruas jalan tol Batang-Semarang yang akan difungsionalkan saat lebaran nanti adalah pintu gerbang tol Gringsing. Untuk menunjang kenyamanan pemudik, akan dipasang lean concrete setebal 10 sentimete. Hal itu untuk menghindari banyak debu beterbangan seperti saat ruas tol Brebes Timur dioperasikan tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com