Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bakauheni Seksi I Dipastikan Berfungsi saat Lebaran

Kompas.com - 23/05/2017, 09:59 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Bandar Lampung, KompasProperti - Seksi 1 Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang termasuk dalam Jaringan Tol Trans Sumatera dipastikan bakal berfungsi pada lebaran mendatang.

PT PP (Persero) Tbk selaku kontraktor seksi tol tersebut memastikan hal itu kepada KompasProperti saat berkunjung ke lokasi proyek, Minggu (21/5/2017).

"Seksi satu dari Sidomulyo-Pelabuhan Bakauheni dengan panjang 7 kilometer dari total 39 kilometer akan fungsional lebaran nanti. Ini untuk mengurai kemacetan ke Pelabuhan Bakauheni," kata Kepala Pelaksana Pembangunan Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni Defri Maulana.

Adapun untuk progres konstruksi keseluruhan seksi 1 tersebut adalah baru 47 persen. Defri menambahkan, dari totak panjang 39 kilometer, PT PP membagi pembangunannya ke dalam tiga zona.

Zona pertama dari KM 0 di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan hingga KM 9 Pelabuhan Bakauheni. Kemudian zona kedua dari KM 9 sampai KM 27 di Kalianda dan zona ketiga dari KM 27 sampai KM 39+400 di Kalianda.

"Zona satu progres konstruksinya sudah 95 persen, zona kedua sekitar 15 persen, dan zona ketiga masih dua persen karena baru mulai. Secara keseluruhan sekitar 47 persen," jelas Defri.

Berdasarkan pantauan KompasProperti, kondisi jalan zona satu yang menuju Pelabuhan Bakauheni melalui Jalur Lintas Timur sudah relatif mulus dibeton. Namun, yang perlu ditambahkan adalah bagian pinggir jalan dan juga rambu-rambu di sekitar jalan tol tersebut.

Untuk keseluruhan Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Defri menyatakan bahwa PT PP akan menyelesaikannya sesuai kontrak yang ada atau pada April 2018 mendatang. Caption foto: Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com