Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Alternatif Mudik Semarang Tunggu Kepastian Tol Bawen-Salatiga

Kompas.com - 22/05/2017, 16:00 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KompasProperti - Pemerintah Kabupaten Semarang belum memastikan jalur alternatif yang akan diberlakukan pada arus mudik dan balik Lebaran 2017 mendatang.

Hal ini karena belum adanya kepastian dari PT Trans Marga Jateng (TMJ) tentang fungsionalisasi ruas Tol Bawen-Salatiga.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kabupaten Semarang, Djoko Nuryanto, mengatakan, fungsionalisasi ruas Tol Bawen-Salatiga dengan simpang susun di daerah Tingkir Salatiga akan mengubah skema arus mudik dan balik Lebaran 2017 di jalur reguler Semarang-Solo.

"Bersama dengan fungsional tol (Bawen-Salatiga) ini tentu saja pola pergerakannya akan berubah. Yang tadinya kita tetapkan seperti Tingkir-Suruh-Karanggede-Gemolong-Sragen, nanti perlu ditinjau ulang apakah itu akan ditetapkan sebagai jalur alternatif ataupun sebagai exit. Ini akan kita pastikan," kata Djoko, Senin siang (22/5/2017).

Djoko mengatakan Dishub Kabupaten Semarang telah mengadakan rapat pertama untuk persiapan menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Baca: Tingxit Berpotensi Mengulang Brexit Saat Mudik Lebaran 2017

Berdasarkan informasi yang ia terima, pada musim arus mudik balik lebaran 2017 diperkirakan jumlah pengguna mobil pribadi akan naik sebesar delapan persen. Karena itu, diperlukan jalur alternatif untuk mengurai potensi kepadatan hingga kemacetan.

Kompas.com/ Syahrul Munir Pekerjaan cut and fill bukit Polosiri di 2.5 kilometer pertama ruas tol Bawen-Salatiga, di wilayah Desa Polosiri, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jumat (7/4/2017) siang.
Sejumlah jalur alternatif yang telah disiapkan dan sudah berlaku sepanjang arus mudik dan balik Lebaran tahun-tahun sebelumnya antara lain Tuntang-Karanglo-Salatiga atau bisa melalui Watu Agung, Tuntang untuk memecah kepadatan di jalur Blotongan-Salatiga dari Bawen atau ke arah Solo.

Sementara kendaraan dari pintu keluar Tol Bawen yang akan ke Yogyakarta, bisa melalui simpang tiga Bulog Bawen menuju Ambarawa jika terjadi kepadatan atau kemacetan di simpang tiga terminal Bawen.

"Kondisi jalannya bagus, jalurnya sudah diprrsiapkan," jelasnya.

Selain mengoptimalkan jalur alternatif tersebut, Djoko juga akan mendorong para pengguna jalan untuk memanfaatkan jalur alternatif yang kurang populer.

Seperti jalan Sruwen ke Karanggede hingga tembus ke Sragen menuju Solo. Jalur ini cenderung dihindari lantaran jarak tempuhnya yang lumayan jauh.

"Peminat jalur ini memang sedikit, apakah kita sosialisasinya yang terbatas atau tidak sampai atau jaraknya terlalu jauh. Lebih baik jauh tapi lancar, daripada dekat tapi nanti malah macet," jelasnya.

Untuk diketahui, pintu keluar Tol Bawen-Salatiga di kecamatan Tingkir, Salatiga, berpotensi macet parah seperti Brebes Exit (Brexit) saat difungsikan untuk mudik Lebaran 2017.

Ridwan Aji Pitoko Kondisi terkini Ruas Tol Bawen-Salatiga per 17 Februari 2017
Pasalnya, pintu keluar jalan Tingkir atau Tingkir Exit (Tingxit) merupakan jalan madya yang lebarnya hanya sekitar enam meter.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com