Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Kecelakaan, BPJT Diminta Tinjau Ulang Tarif Tol Semarang-Solo

Kompas.com - 22/05/2017, 14:58 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KompasProperti - Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) diminta untuk meninjau ulang tarif Tol Semarang-Bawen menyusul banyaknya kecelakaan di jalan arteri yang melibatkan truk angkutan barang.

Berdasarkan data Satlantas Polres Semarang dari Januari hingga April 2017 tercatat sedikitnya 176 kasus kecelakaan di wilayah Kabupaten Semarang.

Dari angka itu sebanyak 98 kasus berada di Jalur Semarang-Bawen, 22 kasus di Jalur Bawen-Ambarawa, dan 26 kasus di Jalur Bawen-Salatiga.

Sedangkan koban jiwa selama Januari sampai April ini ada 238 korban, terdiri dari 48 korban jiwa, empat korban luka berat dan 186 korban luka ringan.

Menurut Kanit Laka Polres Semarang, Ipda Mahfudi kerugian materiilnya mencapai hampir Rp 90 juta.

Oleh karena itu, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Semarang, Djoko Noerjanto menyampaikan keluhan dari para supir angkutan barang mengenai mahalnya tarif tol Semarang-Bawen.

Hal itu menjadi alasan para supir lebih memilih jalan arteri ketimbang jalan tol. Akibatnya, di sepanjang alan arteri di wilayah Kabupaten Semarang beberapa bulan terakhir kerap terjadi kecelakaan yang melibatkan angkutan barang.

Tidak hanya korban materi ataupun jiwa, akibat kecelakaan truk angkutan barang ini bisa memicu kemacetan yang cukup lama sehingga aktivitas masyarakat terganggu.

arsip pribadi /Supriyanto Sebuah truk bermuatan pasir terlibat kecelakaan di Jl Sukarno Hatta Langensari, Ungaran tepatnya di kawasan GOR Pandanaran, Wujil, Rabu (3/5/2017) pagi.
"Padahal jalan tol konstruksinya lebih bagus, elemennnya lebih bagus, kelancaran juga. Kenapa todak lewat tol? apakah tarifnya atau apa, kemarin sempat saya tanyakan di pertemuan di Propinsi ada BPJT," kata Djoko, Senin siang (22/5/2017).

Menurut Djoko, kepadatan arus lalu lintas di jalan arteri akan berkurang jika kendaraan angkutan barang melewati jalan tol. Hal ini bakal berbanding lurus dengan menurunnya angka kecelakaan di jalan raya.

"Saya tanyakan, kalau bisa ditinjau ulang angkutan barang supaya masuk tol. Sehingga mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang ada di jalan arteri, resiko kecelakaan juga akan menurun. Mudah-mudahan ditindaklanjuti," imbuhnya.

Berdasarkan pengamatan Djoko, sejauh ini minat awak angkutan barang untuk memanfaatkan ruas Tol Ungaran-Bawen masih kurang.

"Beberapa supir yang kita tanyai mengeluhkan tarifnya mahal. Ada juga yang beralasan tidak ada tempat istirahatnya," jelasnya.

Jika tarif tol murah, ia yakin makin banyak awak angkutan barang yang masuk ke jalan tol sehingga secara otomatis pendapatan PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola jalan tol Semarang-Solo juga akan naik.

"Walaupun tarif murah yang melintas banyak, otomatis pemasukan TMJ jadi lebih cepat," ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com