Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinar Mas Gandeng Amikom Kembangkan Teknologi Animasi dan 3D

Kompas.com - 19/05/2017, 10:33 WIB
Dani Prabowo

Penulis

TANGERANG, KompasProperti - Kehadiran Digital Hub di BSD City, Serpong, Tangerang, diharapkan tak hanya mendorong perkembangan teknologi informasi dan digital di Tanah Air, melainkan juga menumbuhkan industri kreatif, termasuk animasi dan 3D.

Digital Hub Project Leader Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan, saat ini perusahaan telah bekerja sama dengan Universitas Amikom Yogyakarta guna mengembangkan ide dan gagasan tersebut.

Baca: Silicon Valley versi Indonesia Mulai Dibangun

"Kami ingin fokus animasi yang punya komunitas sendiri. 16.000 mahasiswa (Amikom) bentuk satu picture produksi film animasi, dijual ke luar negeri, di-set di San Fransisco baru ditayangkan di Indonesia," kata Irawan usai kegiatan ground breaking Digital Hub di BSD City, Tangerang, Kamis (18/5/2017).

Digital Hub merupakan kawasan terintegrasi digital pertama di Indonesi yang dikembangkan Sinar Mas Land. Pembangunan infrastruktur kawasan seluas 25,86 hektar itu memakan anggaran Rp 7 triliun.

Menurut Irawan, pecinta animasi biasanya memiliki komunitass tersendiri. Komunitas itu nantinya yang akan meramaikan Digital Hub bila konstruksi kawasan telah rampung pada 2019 mendatang.

"Mereka yang nonton juga di sini. Jadi sekarang mau lagi penjajakan dengan animator digital sekolah studio produksi," kata dia.

Selain menggandeng perusahaan raksasa, seperti MyRepublic, Apple Research and Development, dan PT Walden Global Service, Sinar Mas Land juga menggandeng sejumlah sekolah berbasis teknologi informasi atau information and technology (IT).

Baca: Apple Gabung ke Silicon Valley versi Indonesia

Beberapa di antaranya yaitu GeeksFarm, sekolah IT yang menawarkan pelatihan dalam bidang programming bagi masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Selain itu ada pula Purwadhika Startup & Coding School, sekolah IT yang khusus menggeluti bidang startup dan coding.

Purwadhika nantinya akan didukung dengan Plug and Play Indonesia, yang merupakan akselerator dari Silicon Valley.

Dukungan ini nantinya akan menjadi bantuan dalam mewujudkan ekosistem digital di Digital Hub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com