Ceruk Pasar Potensial, PSM Garap Apartemen Rp 200 Jutaan di Cimanggis - Kompas.com

Ceruk Pasar Potensial, PSM Garap Apartemen Rp 200 Jutaan di Cimanggis

Hilda B Alexander
Kompas.com - 18/05/2017, 15:15 WIB
Dokumentasi Permata Sakti Mandiri Cimanggis City

JAKARTA, KompasProperti - Pasar potensial, akses mudah dijangkau, dan lokasi strategis, merupakan faktor utama yang dipertimbangkan pengembang untuk menggarap properti. 

Permata Sakti Mandiri (PSM) sadar betul bahwa faktor tersebut di atas sangat memengaruhi kelangsungan bisnisnya. 

Karena itu, mudah dimafhumi, ketika mendapat lahan seluas 1 hektar di Jl Raya Bogor, Cimanggis, PSM langsung memanfaatkannya untuk membangun apartemen Cimanggis City.

Direktur Utama PSM Agus Susilo mengatakan, apartemen yang dikembangkan diperuntukkan bagi kelas bawah. 

Segmen pasar ini, menurut Agus, terhitung paling besar di kawasan Cimanggis dan sekitarnya. Pasalnya, terdapat 14 buah industri besar, 31 buah industri sedang yag menyerap tenaga kerja 27.389 orang dan industri kecil sebanyak 56 buah dengan tenaga kerja sebanyak 166 orang.

Sebut saja YKK Ziper Indonesia, Bayer Indonesia, Artolite Indah Mediatama, dan Tokai Darma Indonesia.

Selain kawasan industri, Cimanggis juga dekat dengan kampus-kampus perguruan tinggi ternama seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gunadharma, Universitas Jayabaya, dan lain-lain dengan ribuan mahasiswa.

"Mereka adalah pasar yang sangat potensial yang selama ini menyewa rumah kontrakan atau kamar kos dengan biaya di atas Rp 1,5 juta per bulan," tutur Agus kepada KompasProperti, Kamis (18/5/2017). 

Agus kemudian melakukan komparasi, jika harga sewa kamar Rp 1,5 juta per bulan, maka unit terkecil Cimanggis City bisa diakses hanya dengan Rp 3 juta per bulan untuk tenor 15 tahun.

"Calon pembeli yang selama ini ngekos, tinggal menambah Rp 1,5 juta lagi, sudah bisa memiliki apartemen seluas 24 meter persegi. Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) bisa ambil dari BTN dengan bunga 8 persen hingga 9 persen selama dua tahun pertama," kata Agus.

Cimanggis City mencakup dua menara sebanyak 1.600 unit. Harga yang dibanderol Rp 10,5 juta per meter persegi atau mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 360 juta untuk luas unit 36 meter persegi.

Selain apartemen, tambah Agus, Cimanggis City dilengkapi jalur jogging, laguna, kolam renang, dan pusat ritel penunjang kebutuhan penghuni.

"Kami akan merilis secara resmi pada Sabtu (20/5/2017). Sampai saat ini sudah terpesan 300 unit dari total 750 unit yang akan dilepas ke pasar," kata dia.

Konstruksi Cimanggis City akan dimulai pada kuartal IV-2017 dan serah terima kunci tahap pertama dijadwalkan pada kuartal IV-2019.

Secara keseluruhan, proyek dengan nilai estimasi Rp 400 miliar ini akan dirampungkan pada tahun 2021 mendatang.

 

 

PenulisHilda B Alexander
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM