Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 4 Mei, Dana FLPP Tersalurkan Rp 439 Miliar

Kompas.com - 16/05/2017, 19:16 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Bantuan perumahan subsidi yang disalurkan pemerintah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun ini adalah sebesar Rp 9,7 triliun.

Dana yang disalurkan melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiyaan Perumahan (BLU PPDPP) ini, ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan sebanyak 120.000 rumah.

"Sampai kuartal I-2017, FLPP sudah tersalur sebanyak 3.800 unit. Ini tepatnya per 4 Mei," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lana Wijayanti di Hotel Indonesia, Selasa (16/5/2017).

Lana mengatakan, sebanyak 3.800 tersebut menghabiskan dana FLPP senilai Rp 439 miliar.

Penyaluran ini dilakukan melalui 26 bank berdasarkan perjanjian kerja sama operasi (PKO) dari target 30 bank.

Tahun ini, pemerintah menargetkan pembangunan Sejuta Rumah dengan komposisi 70 persen rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 30 persen untuk non-MBR.

Selain dari FLPP, pembiayaan perumahan juga direncanakan melalui subsidi selisih bunga (SSB) yang tahun ini dianggarkan Rp 3,7 triliun untuk 225.000 unit.

Sementara itu, pembiayaan perumahan tahun ini juga berasal dari Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM) sebesar Rp 2,2 triliun untuk 550.000 unit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com