Kota Masa Depan Dilengkapi Jalur Panel Surya - Kompas.com

Kota Masa Depan Dilengkapi Jalur Panel Surya

Dani Prabowo
Kompas.com - 12/05/2017, 16:30 WIB
Motor1 Jalan raya pertama di dunia dengan panel surya.

KompasProperti - Para siswa di Kanada dalam waktu dekat akan berjalan di atas trotoar yang juga dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi rumah mereka.

Jalur trotoar sepanjang 1.200 kaki persegi yang berada di Thompson Rivers University, Kamloops, British Columbia, akan 'diaspal' dengan menggunakan panel surya pada musim panas tahun ini.

Berada di depan Gedung Arts and Education Building, trotoar itu diperkirakan menghasilkan sekitar 15.000 kilowatt per jam selama setahun yang bila digunakan dapat menyalakan 40 komputer PC selama delapan jam sehari.

Jika proyek bernama Solar Compass Project itu berhasil sempat akan muncul peternakan surya di lokasi yang tidak biasa.

Para peneliti pun berharap agar susunan panel surya yang dirancang sedemikian rupa dapat terasimilas dengan infrastruktur perkotaan.

"Ada beberapa kekhawatiran, dan ini bisa dibenarkan, bahwa orang akan mulai menggunakan lahan subur untuk pertanian surya, karena ini menguntungkan," ujar Michael Mehta, seorang profesor geografi dan lingkungan di Thompson Rivers University yang memimpin Proyek Solar Compass, kepada Vancouver Sun.

 "Kami berpikir, menggunakan infrastruktur yang ada seperti jalan atau trotoar sebagai lokasi penempatan panel surya merupakan ide yang cukup masuk akal," lanjut dia.

Selain memanfaatkan energi matahari, trotoar tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai jalur serat optik yang dapat digunakan untuk telekomunikasi.

Para peneliti pun telah membayangkan trotoar itu dapat dijadikan sebagai rambu yang dapat berubah secara dinamis, tergantung pada kondisi cuaca dan lalu lintas.

"Panel surya ini adalah tangga untuk seluruh aplikasi di masa depan," cetus Mehta.

"Begitu kita membuktikan konsepnya, semua hal akan relatif lebih mudah untuk disematkan pada teknologi ini," lanjut dia.

Meski secara teori, panel surya ini sangat kuat dan dapat bertahan lama, namun belum teruji apakah dapat menahan beban berat, seperti mobil pemadam kebakaran.

Ia berharap agar penelitian ini dapat dibawa ke Solar Road, sebuah perusahaan di Amerika Serikat, yang selama ini memiliki perhatian dalam membangun jalur kendaraan yang dilengkapi sistem tenaga surya.

PenulisDani Prabowo
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X