Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermotor Trail, Jokowi dan Basuki Susuri Trans-Papua

Kompas.com - 10/05/2017, 23:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

HABEMA, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya (PUPR) Basuki Hadimuljono menelusuri jalan Trans-Papua tepatnya di Kabupaten Jayawijaya, Rabu (10/5/2017).

Jalan yang disusuri sepanjang 7 kilometer dengan mengendarai sepeda motor trail itu berada di antara KM 35 hingga KM 42 ruas Wamena-Habema.

Di sepanjang perjalanan, Presiden dan rombongan disuguhi pemandangan Danau Habema yang eksotik. Danau tersebut berada di atas ketinggian 3.225 mdpl.

"(Kalau) kita naik mobil berbeda sensasinya dengan kita naik (motor) trail. (Dengan motor trail) kita bisa merasakan langsung sulitnya membangun Trans Papua," tutur Jokowi saat menjumpai wartawan di tepi Danau Habema.

Jalan menuju danau Habema dari distrik Wamena terbilang mulus, karena 37,5 kilometer di antaranya telah diaspal dan sisanya masih berupa perkerasan tanah.

Suhu udara yang awalnya sejuk berkisar 17 derajat celcius pada pagi hari, terus merangkak turun hingga 10 derajat menjelang sore.

Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beserta rombongan menyusuri jalan Trans Papua yang menghubungkan kabupaten/kota di Provinsi Papua dan Papua Barat, Rabu (10/4/2017).
Kendati demikian, penurunan suhu tersebut tak mengurungkan niat Jokowi dan Basuki untuk tetap mengendarai sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc itu.

Ruas Wamena-Habema-Kenyam-Mumugu merupakan bagian dari segmen 5 Trans-Papua dengan panjang 284,3 kilometer yang pada 2016 lalu berhasil ditembus dengan menggandeng Direktorat Zeni TNI AD.

"(Jalan Trans Papua) awalnya dibuka oleh Zeni TNI AD. Selanjutnya diteruskan oleh Kementerian PUPR untuk mengaspal. Saya kira kalau duet seperti ini terus dilakukan ini akan mempercepat penyelesaian," tambah Jokowi.

Tahun ini, Kementerian PUPR melanjutkan kerja sama dengan TNI AD untuk menurunkan grade permukaan badan jalan yang masih tinggi di tempat-tempat tertentu.

Penurunan grade yang ditangani oleh TNI pada tahun ini adalah segmen Mugi-Mapenduma-Yuguru.

Ada pun anggaran yang diperlukan untuk jalan sepanjang 70 kilometer itu sebesar Rp 150 miliar.

Saat ini ruas jalan Wamena hingga Mumugu sudah fungsional sepanjang 90 kilometer yaitu dari Wamena-Habema-Mbua.

Masyarakat sudah menggunakan ruas jalan ini dengan kendaraan double cabin, walaupun kendaraan yang lewat masih terbatas jumlahnya.

Sementara, dari Mbua menuju Mumugu meski jalan telah terbuka, tapi belum fungsional karena masih terdapat 35 buah jembatan yang sedang dibangun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com