IKEA Kembali Gelar Pameran UKM Kerajinan Indonesia - Kompas.com

IKEA Kembali Gelar Pameran UKM Kerajinan Indonesia

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 05/05/2017, 14:56 WIB
Arimbi Ramadhiani Salah satu produk Indonesia yang dipasarkan di IKEA seluruh dunia. Gambar diambil Senin (30/1/2017).



TANGERANG, KompasPropertiIKEA Indonesia kembali menghadirkan Teras Indonesia ke-3, yakni sebuah pameran berbagai kerajinan rumah tangga dari para usaha kecil menengah (UKM).

Teras Indonesia merupakan kerja sama antara IKEA dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) guna mendorong dan memperkenalkan produksi kerajinan UKM kepada konsumen.

Dalam kerjasama ini, IKEA menyediakan tempat khusus bagi sejumlah UKM binaan YDBA.

Sepanjang 2017, Teras Indonesia akan digunakan untuk melakukan kegiatan pameran ataupun berjualan pada akhir pekan pertama setiap bulannya, yaitu hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Pameran ketiga ini diselenggarakan pada tanggal 5-7 Mei 2017, dengan mengangkat tiga UKM binaan YDBA.

Pada pameran tersebut, perwakilan UKM yang berpartisipasi adalah Buning Handycraft, Sibejo Handycraft dan Kayu Tangi Art.

Buning Handycraft merupakan UKM yang mengkhususkan diri dalam menciptakan aneka produk bordir yang diaplikasikan di beragam produk rumah tangga.

Pada pameran Teras Indonesia, Buning Handycraft menampilkan aneka kreasi produk kerajinan tangan seperti taplak meja, tas wanita, sarung bantal dan beragam kreasi lainnya.

UKM yang didirikan oleh Ning Herdiningsih Waluyono ini berawal dari keterampilan yang diturunkan dari keluarga dan keinginan untuk tetap melestarikan serta mengembangkan budaya Indonesia.

Sementara itu, Sibejo adalah sekelompok pengrajin yang mempunyai ketrampilan membuat seni kerajinan dari beragam bahan dasar, seperti kayu, bambu, kain atau yang sejenisnya.

Motif yang menjadi andalan adalah “Dot Art“ atau Batik Titik. Sibejo Handycraft hadir di pameran UKM Kerajinan Indonesia di IKEA Teras Indonesia dengan menampilkan aneka ragam kerajinan seni yang unik dan menarik.

IKEA Indonesia Produk UKM di IKEA Alam Sutera

Adapun Kayu Tangi Art hadir dengan gelaran kerajinan produk yang terbuat dari bahan kayu.

Terinspirasi dari banyaknya kayu yang ada disekitar tempat tinggal, Kayu Tangi Art awalnya hanya membuat barang-barang kerajinan seperti krey, tempat tissue, tempat lilin, bingkai foto.

Kemudian, kerajinan tersebut berkembang menjadi produk rumah tangga lainnya yang bisa dipergunakan untuk out-door dan in-door.

Teras Indonesia hanya digelar setiap awal pekan minggu pertama setiap bulannya hingga Desember 2017.

 

PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X