Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

James Riady: Sudah Saatnya Pentolan Properti Turun Gunung

Kompas.com - 04/05/2017, 17:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - "Ini waktunya para pentolan properti turun gunung". Kalimat itu meluncur dari bibir CEO Lippo Group James Riady saat perkenalan publik proyek Meikarta, di Aryaduta Hotel Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Menurut dia, sudah saatnya Lippo Group yang punya beragam bisnis, melahirkan terobosan, dan inovasi baru di sektor properti.

Langkah Lippo Group melahirkan Meikarta, kata James, untuk mengisi absennya para pentolan di sektor properti dalam mengembangkan proyek skala besar.

Baca: Lippo Kembangkan "Jakarta Baru" Senilai Rp 278 Triliun

"Di dunia properti, sudah lebih dari 10 tahun tidak ada pentolan yang terjun dengan proyek besar-besar," kata James.

Bahkan seorang Ciputra pun yang notabene bisnis inti (core business)-nya properti tidak melahirkan proyek raksasa.

Karena itu, lanjut James, Lippo Group sungguh-sungguh melakukan terobosan baru melalui Meikarta, agar bisa menjadi inspirasi buat semua pelaku usaha properti. 

Proyek ini menempati lahan seluas 500 hektar di bagian paling timur Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Lahan tersebut sudah dikuasai Lippo Group sejak kurun 1990-an, saat naga bisnis ini memulai inisiasi kota mandiri berbasis industri Lippo Cikarang.

Di kota baru ini, James menjelaskan, rencananya akan dikembangkan 100 gedung tinggi dengan ketinggian masing-masing gedung sekitar 35 hingga 45 lantai.

Ke-100 gedung itu terbagi dalam peruntukan huian sebanyak 250.000 unit, perkantoran strata title, 10 hotel bintang lima, pusat belanja dan area komersial seluas 1,5 juta meter persegi.

Fasilitas yang akan melengkapinya antara lain pusat kesehatan, pusat pendidikan dengan penyelenggara dalam dan luar negeri, tempat ibadah, dan lain-lain.

"Khusus untuk perumahannya, kami membidik segmen kelas menengah. Harga hunian yang kami patok senilai Rp 12,5 juta per meter persegi," tutur James.

James menargetkan, pengembangan Meikarta tahap pertama akan selesai dalam waktu tiga tahun.

Dia meyakini target ini akan tercapai mengingat sebagian atau 50 gedung sudah terbangun dan akan mulai digunakan pada 2018 mendatang.

Jika keseluruhan proyek Meikarta ini rampung dalam kurun 20 tahun ke depan, James memperkirakan nilainya bakal mencapai Rp 278 triliun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com