Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jakarta adalah Monster yang Indah"

Kompas.com - 02/05/2017, 19:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sebagai salah ibu kota negara di dunia, Jakarta memiliki segudang masalah yang kompleks.

Di satu sisi, masyarakat membutuhkan ruang yang lebih luas untuk dapat berinteraksi lebih baik dengan yang lain, namun di sisi lain keterbatasan lahan menjadi persolan yang dihadapi pemerintah.

Perencana tata kota asal Belanda Winy Maas mengungkapkan dilema yang dihadapi Jakarta, usai diskusi bertajuk "Transforming Lives Human & Cities: How Social & Green Can We Go?" di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Selain persoalan lahan, permasalahan yang dihadapi Jakarta di antaranya adalah kemiskinan hingga kurang sehatnya ventilasi serta sirkulasi udara di lingkungan masyarakat.

Meski Jakarta merupakan salah kota terbesar, tapi tingkat kerapatan tempat tinggal relatif masih di bawah.

Baca: Jakarta Masuk Daftar Kota Tidak Berkualitas

Maas pun menyarankan agar pemerintah daerah (pemda) memperbaikinya dengan mengombinasikan seluruh persoalan untuk bisa dikendalikan, dan ditingkatkan agar mobilitas masyarakat menjadi lebih baik.

"Jakarta adalah sebuah monster, monster yang indah dengan banyak kegembiraan di dalamnya," imbuh dia.

"Dan menurut saya, masalah ini harus Anda ketahui dan temukan tata cara pengelolaannya," kata Maas.

Maas mengaku, kondisi politik di Jakarta cukup tidak menentu. Di satu sisi, ada upaya dari pemerintah daerah (pemda) untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat melalui sejumlah proyek yang digarap, namun di sisi lain banyak tekanan dari masyarakat yang terjadi atas upaya tersebut.

"Orang selalu mengeluh dan membuat anda membunuh proyek itu begitu saja. Jadi bagaimana membangun sebuah kebudayaan melalui proyek pembangunan secara langsung untuk meningkatkan kota ini agar tumbuh," terang dia.

Maas mengingatkan, bila kondisi itu terus menerus terjadi, kondisi Jakarta akan lebih buruk dalam 20 tahun ke depan. Pasalnya, pemerintah tidak mampu mengelola pembangunan tata kota dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com