Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik 40 Persen Pasien Lokal, BIMC Hospital Ganti Logo

Kompas.com - 26/04/2017, 23:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

NUSA DUA, KompasProperti - Siloam Hospitals melansir logo baru BIMC Hospital menjadi BIMC Siloam Nusa Dua.

Penggantian logo baru ini dilakukan secara resmi pada Rabu (26/4/2017) pasca akuisisi pada tiga tahun lalu.

Direktur BIMC Siloam Nusa Dua, Ratih Komala Dewi menuturkan, seiring penggantian logo, akan ada penambahan sejumlah fasilitas dan peralatan kesehatan, tenaga medis, serta tenaga-tenaga profesional berlatar belakang spesialis.

"Kami harapkan, dengan strategi yang dilakukan ini, BIMC Siloam Nusa Dua bisa semakin memperluas pangsa pasar. Tidak hanya ekspatriat melainkan juga lokal," tutur Ratih.

Selama ini, dari total rata-rata 1.000 pasien per bulan yang dilayani, 70 persennya merupakan wisatawan asing dan ekspatriat sementara sisanya atau 30 persen merupakan masyarakat lokal Bali, dan non-Bali.

Siloam Hospitals menargetkan pertumbuhan pasien lokal hingga 40 persen dalam dua tahun ke depan, pasca perubahan logo.

Ratih mengakui pemenuhan target ini bukan perkara mudah. Pasalnya, jumlah pasien sangat bergantung pada jumlah kunjungan wisatawan asing dan domestik.

"Saat-saat puncak atau peak season di sektor pariwisata, jumlah pasien kami juga ikut melonjak. Sebaliknya, saat low season di sektor pariwsata, kami juga mengalami hal serupa," imbuh Ratih.

Hilda B Alexander/Kompas.com BIMC Hospital Rebranding menjadi BIMC Siloam Nusa Dua Bali.
Ada pun pasien ekspatriat yang mendapat layanan BIMC Siloam Nusa Dua mayoritas berasal dari Australia, Jepang, Korea, China, dan Rusia.

Mereka berkontribusi terhadap tingkat okupansi rata-rata per tahun sebesar 70 persen dengan jumlah tempat tidur (bed) 50 unit.

Untuk menarik minat pasar yang lebih luas ini, mereka memberlakukan penyesuaian tarif yang lebih kompetitif.

Misalnya saja, untuk ruang rawat inap per malam, Siloam Hospitals mematok Rp 550.000 per malam bagi pasien domestik, dan Rp 650.000 per malam bagi pasien ekspatriat.

Ratih menuturkan penyesuaian tarif ini sejalan dengan misi BIMC Siloam Nusa Dua yaitu memberikan pelayanan dengan kualitas internasional yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk yang tinggal di pelosok.

Hilda B Alexander/Kompas.com Salah ruang pemeriksaan di RS BIMC Siloam Nusa Dua Bali dirancang dengan desain yang memberikan nuansa menenangkan, dan nyaman.
Kepala Division Head ASMA BIMC Siloam Nusa Dua, Hermes Santosa, menambahkan BIMC Siloam Nusa Dua beroperasi selama 24 jam. 

"Kami juga melayani pasien umum pemegang KTP, KITAS, serta pemegang asuransi lokal," kata Hermes.

Sementara sejumlah tenaga spesialis yang telah bergabung, tambah Hermes, adalah spesialis penyakit dalam, spesialis anak-anak, spesialis anestesi, dan spesialis kandungan.

Kemudian spesialis jantung, spesialis THT, spesialis bedah umum, spesialis saraf, spesialis bedah ortopedi, dan spesialis onkologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com