Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Kuningan-Cirebon Ambles, Basuki Kirim Bantuan Fisik

Kompas.com - 25/04/2017, 13:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengaku telah memberikan bantuan untuk mengatasi musibah amblesnya jalan utama penghubung antara Kabupaten Kuningan dan Cirebon di Jawa Barat.

Pada Minggu (23/4/2017), jalan utama Kabupaten Kuningan ke Cirebon di Desa Waled Asem, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, longsor dan ambles sepanjang 60 meter dengan kedalaman satu meter.

"Kemarin Dirjen Bina Marga sudah ke sana, sudah ditangani. Meskipun itu jalan kabupaten-provinsi tapi tetap kami bantu karena itu penyebabnya erosi Sungai Cisanggarung, kami bantu dalam bentuk fisik," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Kendati demikian, Basuki belum tahu berapa anggaran yang digunakan untuk perbaikan jalan tersebut.

Dia mengatakan, fokusnya saat ini adalah memperbaiki jalan itu mengingat lebaran akan tiba dalam dua bulan lagi. Jalur tersebut bakal digunakan untuk arus mudik.

"Yang penting kami kerjakan dulu, target lebaran mudah-mudahan bisa selesai karena ini kan amblesnya tidak terlalu dalam," ucap Basuki.

Penyebab amblesnya jalur tersebut selain erosi Sungai Cisanggarung adalah beban jalan yang terlalu berat dan labilnya tanah di dataran sungai kawasan Bukit Azimut.

Kendati tidak ada korban jiwa, peristiwa itu mengakibatkan kemacetan di sepanjang jalur tersebut lantaran polisi memberlakukan satu lajur saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com