Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Bantal Bisa Digunakan?

Kompas.com - 22/04/2017, 13:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

LOS ANGELES, KompasProperti - Tidur menggunakan bantal merupakan suatu kebutuhan demi kenyamanan. Biasanya, orang-orang mengganti bantal saat sudah kempes atau tidak nyaman lagi.

Lalu sebenarnya, berapa tahun orang bisa menggunakan bantalnya?

Kepala Departemen Alergi, Asma dan Imunologi di Pusat Kesehatan Kaiser Permanente West Los Angeles, Joseph Dizon, tidak memberi angka pasti. Sepertinya aman untuk dikatakan mungkin kurang dari 20 tahun.

Namun masalah utama dengan menjaga bantal favorit selama berabad-abad adalah tungau debu.

"Karena fakta bahwa kita bisa melepaskan sel kulit di kasur dan bantal kita, ini akan menjadi area yang menampung tungau debu," kata Dizon.

Semakin lama mempertahankan bantal, semakin besar kemungkinan Anda akan memiliki banyak tungau debu yang menghuninya.

Terutama, jika Anda tidak melakukan apa pun untuk mengurangi konsentrasi tungau debu. Tungau debu bisa menyebabkan alergi, yang berakhir dengan asma.

Sementara tungau debu tidak dapat sepenuhnya dicegah, Dizon menyarankan beberapa cara untuk memeranginya yakni menggunakan bantal bulu dan bukan yang sintetis.

Bantal sintetis cenderung memiliki bungkus yang lebih longgar daripada bantal bulu. Ini memungkinkan masuknya tungau debu lebih mudah. Gunakan penutup hypoallergenic di sekitar bantal dan lakukan pencucian seperti biasa.

apartmenttherapy.com bantal

"Katakanlah Anda memiliki bantal favorit berupa bantal sintetis, selama lebih dari 10 tahun. Anda mencucinya secara teratur maka Anda berada di posisi terbaik untuk tidak terkena tungau debu," kata Dizon.

Mungkin Anda tidak terlalu terganggu dan khawatir tentang tungau debu karena sangat kecil, dan ada begitu banyak masalah lain yang harus dihadapi dalam hidup ini. Mungkin juga Anda lebih khawatir tentang efek potensial bantal kotor pada kulit.

Dizon melaporkan, ahli kimia kosmetik dan salah satu pendiri The Beauty Brains, Randy Schueller, mengatakan bahwa dari perspektif perawatan kulit, kebutuhan untuk mengganti bantal seseorang dengan model baru bukanlah hal utama.

Dengan memakai make up yang berat ke tempat tidur dan berkeringat sepanjang malam, secara teori, memudahkan bakteri untuk tumbuh.

"Namun, bahkan jika bantal Anda sudah tua, sarung bantal berfungsi sebagai penghalang, dan kebanyakan orang mencucinya cukup sering," kata Dizon.

Mungkin ada beberapa alasan bagus untuk mengganti bantal Anda setidaknya dua kali seumur hidup.

Namun untuk konsensus ilmiah tampaknya tidak ada batas waktu, kapan Anda perlu melakukannya. Selama mencuci sarung dan bantal cukup teratur, Anda akan baik-baik saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com