Terkait DP 0 Persen, Ini Sikap Pengembang - Kompas.com

Terkait DP 0 Persen, Ini Sikap Pengembang

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 21/04/2017, 13:06 WIB
www.shutterstock.com Ilustrasi.

JAKARTA, KompasProperti - Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno telah memenangkan Pilkada DKI Jakarta berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) berbagai lembaga survei.

Masyarakat pun dengan antusias meminta pasangan tersebut untuk merealisasikan program yang dijanjikannya selama kampanye termasuk uang muka atau down payment (DP) 0 Persen.

DP 0 Persen merupakan program andalan Anies-Sandi di sektor perumahan yang memungkinkan masyarakat Jakarta bisa memiliki rumah tanpa membayar DP.

Dalam praktiknya, Anies menjelaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menalangi dahulu pembayaran DP tersebut.

Ada beberapa pengembang atau developer  yang sudah menyatakan kesiapan mereka untuk membantu Pemprov DKI dalam merealisasikan hal tersebut.

Baca: Program DP 0 Persen Tidak Mendidik

Pengembang pertama yang menyatakan kesiapannya adalah Lippo Group. Direktur Lippo Group, John Riady, mengungkapkan pihaknya siap bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan program DP 0 Persen.

"Implementasi seperti apa belum tahu, itu Pak Gubernur yang lebih tahu. Tetapi apa yang bisa kami bantu, kami siap bekerja sama sebagai developer juga," papar John di sela-sela acara Indonesia Summit 2017 di Hotel Shangrila Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Namun, pernyataan John Riady ini dibantah oleh Direktur Komunikasi PT Lippo Karawaci Tbk Danang Kemayan Jati.

Menurut dia dukungan Lippo terhadap Program DP 0 Persen dan rumah Rp 350 juta adalah hoax.

"Lippo tidak ada rencana ataupun ingin melakukan itu. Acara yang dikutip di sosmed adalah acara ekonomi," tegas Danang kepada KompasProperti, Jumat (21/4/2017).

Bantahan lengkap ada di bawah artikel ini:

Sementara pengembang lainnya yakni PT Metropolitan Land Tbk (Metland) telah menyatakan siap bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta asalkan disediakan lahannya.

"Prinsipnya kami siap untuk kerja sama jika Pemprov DKI mau subsidi DP-nya. Tapi Metland tidak punya lahan baru di Jakarta dan yang ada di Cakung saja. Harga tanahnya sudah di atas Rp 8 juta per meter persegi," ujar Direktur Metland Wahyu Sulistio, kepada KompasProperti, Jumat (21/4/2017).

Sebelumnya, Wahyu mengatakan bahwa program DP 0 Persen bisa terealisasi jika Pemprov DKI Jakarta memberikan subsidi sangat besar.

Selain itu, melihat kondisi ketersediaan lahan di Jakarta saat ini maka hal paling memungkinkan adalah program tersebut ditujukan untuk hunian vertikal atau rumah susun (rusun).

 

Catatan Redaksi :

Direktur Komunikasi PT Lippo Karawaci Tbk Danang Kemayan Jati membantah pernyataan John Riady.

Berikut bantahannya yang disampaikan kepada KompasProperti Jumat (21/4/2017):

Mengenai banyaknya serangan dari media sosial berbentuk fitnah dan HOAX, di bawah ini adalah klarifikasi.

Mengenai Lippo dukung program 0% dan rumah 350jt - Hoax! Lippo tidak ada rencana ataupun ingin melakukan itu. Acara yang dikutip di sosmed adalah acara ekonomi.

Tentunya pasti Lippo mengharapkan kemajuan ekonomi dan juga ingin berperan dalam semua hal yang bisa membantu kalangan tidak mampu, termasuk "affordable living" dan "mass housing" yang dilakukan di banyak negara besar bagi warganya.

Sementara ini Lippo belum dan tidak ada rencana, dan juga bukan pengembang pertama, yang melakukan penjualan rumah Rp350jt seperti informasi yang beredar. 


PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM