Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kabar Semalam, Berita "Hoax" Disneyland hingga Kalijodo Jilid 2

Kompas.com - 18/04/2017, 07:00 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tiga berita yang menyita perhatian pembaca Senin (17/4/2017) malam pada kanal KompasProperti, sangat beragam.

Berita pertama yang menyita perhatian publik adalah viralnya berita mengenai investasi The Walt Disney Company yang diklaim Bupati Boyolali Seno Samodro akan membangun Disneyland di wilayahnya.

Namun, klaim Seno tersebut dibantah The Walt Disney Company bahwa untuk saat ini tidak ada rencana mereka membangun Dinseyland di Indonesia.

Kabar kedua adalah perdebatan sengit antara Pemerintah Indonesia dan empat kontraktor Jepang terkait pembongkaran 69 tiang penyangga Jalan Tol Akses Tanjung Priok.

Seluruh 69 tiang beton tersebut dinilai tidak sesuai spesifikasi standar seharusnya, sehingga harus dibongkar dan diganti dengan yang baru.

Teriakhir adalah pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekaligus Ruang Publik Terpadu Raman Anak (RPTRA) TBS Park di koridor Simatupang.

TBS Park digadang-gadang bakal lebih baik dan lengkap ketimbang Taman Kalijodo yang dibangun dengan dana Rp 20 miliar.

Berikut tiga berita populer di kanar KompasProperti:

1. Walt Disney Company: Tidak Ada Rencana Bangun Disneyland di Indonesia

The Walt Disney Company menampik kabar pembangunan Disneyland di Boyolali, Jawa Tengah.

Hotel baru di Disneyland, Amerika Serikat. Hotel baru di Disneyland, Amerika Serikat.
Bahkan, The Walt Disney Company menegaskan saat ini mereka belum ada rencana membangun Disneyland di Indonesia.

"At this moment there is no plan to build Disneyland in Indonesia (Saat ini tidak ada rencana membangun Disneyland di Indonesia)," kata Executive Director Communication The Walt Disney Company Asia Tenggara, Sesha Kanthamraju, dalam pesan pendek kepada KompasProperti, Senin (17/4/2017).

Lebih lanjut Sesha menambahkan, kendati Indonesia merupakan pasar prioritas bagi The Walt Disney Company di Asia Tenggara, The Walt Disney Company belum punya rencana merealisasikan taman hiburan kelas dunia tersebut di Indonesia saat ini.

2. Sengitnya Perdebatan Indonesia-Jepang di Tol Akses Tanjung Priok

Terkait kendala pembongkaran 69 tiang beton Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Pemerintah Indonesia dan empat perusahaan Jepang selaku kontraktor yaki PT SMCC Utama Indonesia, PT Kajima Indonesia, Obayashi, dan Tobishima, serta pemerintah Jepang pemberi pinjaman dana sempat terlibat perdebatan sengit sangat intens dan alot.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com