Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Targetkan Lanny Jaya Bebas Isolasi Tahun Ini

Kompas.com - 18/04/2017, 06:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Lanny Jaya merupakan salah kabupaten di Papua yang memiliki 39 distrik atau desa.

Kabupaten ini baru berdiri sejak 2008 dan mendapat dana pengelolaan rata-rata Rp 150 miliar setiap tahun. Dana ini diarahkan untuk empat bidang, yaitu pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi.

"Dana paling besar untuk infrastruktur. Dalam 2 tahun terakhir kami sedang galakkan kampanye 'No Isolation' untuk semua distrik paling tidak tahun ini," ujar Sekretaris Daerah Lanny Jaya, Christian Sohilait di Jakarta, Senin (17/4/2017).

Ia mengatakan, meski berada dalam satu kabupaten, desa-desa ini berada di pegunungan sehingga antar-peduduknya sulit berinteraksi.

Selain sulit untuk saling berinteraksi, bantuan dari pemerintah atau pihak lain juga sulit didistribusikan akibat akses yang menantang.

Selama ini, penduduk yang mau masuk atau keluar desa harus berjalan kaki atau menggunakan pesawat terbang.

Menurut Christ, saat ini tinggal 3 desa lagi yang aksesnya belum terbuka untuk kendaraan.

"Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) memang besar sekitar Rp 1,3 triliun-Rp 1,4 triliun, tapi ini masih kurang," kata dia.

Kekurangan ini mengingat tingkat kesulitan bagi pemkab membuka jalan baru dan penduduk yang tersebar di seluruh pelosok Lanny Jaya.

Christ mengaku persiapan untuk mengirimkan bantuan ke salah distrik saja, sudah memakan biaya lebih besar daripada bantuan itu sendiri.

"Lewat darat, dari Wamena ke Tiom waktu tempuhnya terus berkurang. Dulu bisa 8 jam, kemudian berkurang jadi 4 jam, dan sekarang bisa 3,5 jam," kata Christ.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com