Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Akses Tanjung Priok Diintegrasikan dengan JORR

Kompas.com - 17/04/2017, 18:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Jalan Tol Akses Tanjung Priok akhirnya rampung dan telah beroperasi mulai Minggu (16/4/2017).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung meresmikannya sehari sebelum beroperasinya jalan tol sepanjang 11,4 kilometer tersebut.

Kendati sudah beroperasi, jalan tol yang dibangun sejak 2009 itu masih akan digratiskan selama kurun waktu sebulan atau hingga 16 Mei 2017 nanti.

"Sementara kami operasikan tanpa tarif sampai sebulan supaya masyarakat bisa merasakan enak pasca peresmian nanti," tutur Kepala BPJT Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna kepada KompasProperti, di Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Sabtu (15/4/2017).

Lebih lanjut Herry mengatakan, untuk besaran tarifnya masih terus dikaji dan belum ada perkiraan angkanya.

"Besarannya masih kami kaji dan sekarang belum keluar surat keputusan (SK)-nya," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kesempatan yang sama memastikan, tarif Jalan Tol Akses Tanjung Priok tidak akan terlalu besar karena bakal diintegrasikan dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W1.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Tol Akses Tanjung Priok
"Ini mau diintegrasikan dengan JORR, jadi saya kira tidak akan banyak berubah. Ini hanya menggunakan sistem terbuka, bayarnya cuma sekali dan mudah-mudahan sangat minimal sekali," tutur Basuki.

Untuk diketahui, tarif Tol JORR W1 saat ini untuk golongan I adalah sebesar Rp 9.500, golongan II sebesar Rp 13.000, golongan III sebesar Rp 17.500, golongan IV Rp 22.000, dan golongan V sebesar Rp 26.500.

Sedangkan untuk operator tolnya, BPJT telah menunjuk PT Hutama Karya Tbk, tetapi untuk saat ini hal tersebut masih belum dilakukan lantaran masih dalam proses.

Maka dari itu BPJT telah menunjuk dua pihak untuk mengelola operasional Tol Akses Tanjung Priok sementara waktu.

"PT Jalantol Lingkaluar Jakarta (JLJ) akan mengoperasikan sebagian dari Kebon Bawang dan PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) di bagian ujung yang akan masuk ke Ruas Tol Dalam Kota," pungkas Herry.

Berikut video laporannya:

 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com