Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Tol Akses Tanjung Priok Setelah Mangkrak 5 Tahun

Kompas.com - 15/04/2017, 15:40 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Sabtu (15/4/2017).

Dalam peresmian tersebut hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono.

Jokowi mengungkapkan betapa sulitnya membangun jalan tol sepanjang 11,4 kilometer tersebut bahkan ketika dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Saya ingat sekali ketika jadi gubernur, pembebasan lahan yang terganjal membuat dua tahun mangkrak. Alhamdulillah setelah turun ke lapangan beberapa kali itu bisa selesai," keluh Jokowi.

Berikutnya, lanjut Jokowi, ketika permasalahan tersebut rampung datang lagi masalah lainnya berupa 69 tiang harus dipotong dan diganti karena tidak memenuhi spesifikasi seharusnya.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Tol Akses Tanjung Priok
Akibat permasalahan pembebasan lahan dan penggantian 69 tiang itu maka proyek Jalan Tol Akses Tanjung Priok ini disebut mangkrak selama lima hingga enam tahun dan baru bisa beroperasi pada tahun ini.

Kendati demikian, rampungnya Jalan Tol Akses Tanjung Priok dengan nilai konstruksi mencapai Rp 4,1 triliun itu diyakini Jokowi bisa menjadi faktor peningkat daya saing Indonesia khususnya dalam hal logistik.

"Nantinya ini akan dilewati kurang lebih 3.600 truk setiap hari. Oleh sebab itu ini akan memiliki daya saing kecepatan pengantaran barang-barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok karena ini merupakan main port kita," jelas dia.

Ridwan Aji Pitoko/Kompas.com Pembangunan Jalan Tol Akses Tanjung Priok dilakukan selama 8 tahun dengan dana Rp 5 triliun.
Keberadaan Jalan Tol Akses Tanjung Priok tersebut diyakini mantan Wali Kota Surakarta itu bisa memperlancar penyebaran barang-barang ke pelabuhan lain dan meningkatkan kecepatan kontainer dalam keluar masuk pelabuhan.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok terdiri dari lima seksi yakni Seksi E-1 Rorotan-Cilincing sepanjang 3,4 kilometer, dan Seksi E-2 Cilincing-Jampea dengan panjang 2,74 kilometer.

Kemudian Seksi E-2A Cilincing-Simpang Jampea sepanjang 1,92 kilometer, NS Link Yos Sudarso-Simpang Jampea sepanjang 2,24 kilometer, dan NS Direct Ramp dengan panjang 1,1 kilometer.

Untuk Seksi E-1 Rorotan - Cilincing sendiri telah rampung dan dioperasikan tanpa tarif sejak 2011.

Sementara itu, kontraktor pelaksana Jalan Tol Akses Tanjung Priok terdiri dari Kerja Sama Operasi (KSO) kontraktor Jepang dan Indonesia, yakni SMCC-PT Hutama Karya, Kajima-PT Waskita Karya, Obayashi-PT Jaya Konstruksi, dan Tobishima-PT Wijaya Karya.

Berikut video laporannya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com