Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Penguasa Bisnis Hotel di Jakarta?

Kompas.com - 15/04/2017, 11:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tahukah Anda, meski sektor properti masih belum kembali ke kondisi jaya seperti kurun 2011-2013, namun tak menyurutkan raksasa-raksasa hotel internasional untuk berburu "cuan" di Jakarta.

Dalam riset Colliers International Indonesia, terdapat lima pemain besar hotel berjaringan global dengan hak pengelolaan ratusan, hingga ribuan kamar.

KompasProperti kembali menyajikan data para penguasa bisnis perhotelan di ibu kota Indonesia tersebut melalui infografis.

Di posisi pertama terdapat Accorhotels. Kelompok hotel ini mengelola 22 hotel dengan klasifikasi 11 hotel bintang tiga, 7 hotel bintang 4, dan 4 hotel bintang 5.

Termasuk dalam pengelolaan Accorhotels adalah Raffles Jakarta yang menjadi kediaman temporer Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud awal April lalu.

Baca: Ciputra Bantah Raffles Jakarta Milik Kerabat Raja Salman

Siapa Accorhotels?

Accorhotels merupakan perusahaan multinasional yang berbasis di Paris, Perancis. Perusahaan ini memegang 20 merek hotel mulai dari kelas budget atau ekonomi hingga mewah.

Per Maret 2017, Accorhotels tercatat mengelola 4.100 hotel di 95 negara. Dari hasil pengelolaan tersebut, Accorhotels ini meraup pendapatan 5.631 juta Euro per 2016.

Menempati peringkat kedua dengan hak pengelolaan terbanyak adalah Marriott International dengan 8 hotel. Seluruhnya merupakan fasilitas akomodasi berbintang empat, dan lima.

Hotel yang dioperatori Marriott International adalah Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan, Westin Jakarta, Le Meridien Jakarta, JW Marriott Mega Kuningan Jakarta, The Luxury Collection Jakarta, Sheraton Jakarta Gandaria City, dan Four Points Jakarta.

Secara total, Marriott International mengoperasikan lebih dari 6.000 hotel di 122 negara. Pendapatan yang didulang selama tahun fiskal 2016 senilai 17 miliar dollar AS.

Raksasa hotel ini didirikan oleh J Willard and Alice Marriott dengan basis perusahaan di Maryland, Amerika Serikat.

Tiga nama besar lainnya ada dalam infografis berikut ini:

Operator Hotel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com