Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabtu Siang, Jokowi Resmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok

Kompas.com - 15/04/2017, 08:51 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Sabtu (15/4/2017).

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang diterima KompasProperti dari Istana Negara, Jokowi awalnya direncanakan meresmikan tol tersebut pada Minggu (16/4/2017).

Namun, hal itu urung dilakukan dan justru dimajukan sehari menjadi Sabtu (15/4/2017) pada pukul 14.00 WIB.

Jokowi dijadwalkan meresmikan tol tersebut bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Tol Akses Tanjung Priok
Pada 9 April 2017, Basuki telah menjajal jalan tol sepanjang 11,4 kilometer tersebut sambil melakukan kegiatan bersepeda santai dengan pegawai Kementerian PUPR.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok ini sempat tertunda penyelesaiannya akibat sulitnya pembebasan tanah dan pembongkaran 69 tiang beton yang tidak memenuhi mutu rencana.

"Ruas tol ini akan dilewati oleh truk-truk bermuatan berat sehingga dapat dilalui kendaraan dengan beban 45 ton," ucap Basuki.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Pembangunan Jalan Tol Akses Tanjung Priok menelan dana Rp 5 triliun.
Jalan tol yang konstruksinya dimulai pada 2009 silam ini diyakini akan memperlancar lalu lintas keluar masuk Pelabuhan Tanjung Priok.

Jalan tol tersebut merupakan akses langsung masuk ke pelabuhan sehingga akan mengurangi kemacetan secara signifikan yang terjadi pada jalan arteri pelabuhan.

Adapun biaya konstruksinya mencapai Rp 5 triliun dengan rincian Rp 1 triliun untuk pengadaan lahan dan Rp 4 triliun guna konstruksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com