Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bawen-Salatiga Siap Digunakan Pemudik Tahun Ini

Kompas.com - 08/04/2017, 12:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Jalan Tol Semarang-Solo Seksi 3 Bawen-Salatiga siap dioperasikan secara fungsional pada Triwulan II tahun 2017.

Hingga akhir Maret, perkembangan konstruksi untuk Seksi 3 Bawen-Salatiga telah mencapai 96,071 persen.

PT Trans Marga Jateng (TMJ), anak usaha PT Jasa Marga (persero) Tbk selaku pengelola mengharapkan, saat musim arus mudik-balik, ruas sepanjang 17,50 kilometer tersebut dapat beroperasi secara fungsional.

Untuk diketahui, Jalan Tol Semarang-Solo sepanjang 72,64 kilometer merupakan proyek prioritas pemerintah.

Hal ini sesuai dengan tata ruang terpadu yang disusun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dan diharapkan dapat mempercepat pengembangan wilayah tersebut.

Jalan Tol Semarang-Solo yang menghubungkan kota Semarang dan Solo memiliki arti penting bagi denyut nadi perekonomian di daerah yang dilintasi yaitu, Semarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo dan Solo.

"Jalan ini juga memperkuat potensi pengembangan wilayah, khususnya untuk mendukung pergerakan perekonomian melalui peningkatan kelancaran arus barang dan jasa," ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Sabtu (8/4/2017).

Dwimawan melanjutkan, Jalan Tol Semarang-Solo sebagai bagian dari Tol Tran- Jawa yang melintas di jalur Pantura berperan penting dalam membantu kelancaran arus mudik-balik Lebaran.

Terlebih, memasuki musim libur panjang, Jalur Pantura menjadi salah jalur favorit pemudik. Pemudik yang melintas di Kota Semarang dapat meneruskan perjalanan menuju Kota Solo di bagian selatan atau melanjutkan ke jalan nasional menuju ke kota tujuan di sebelah timur seperti Kudus, Pati, Rembang dan kota-kota di Provinsi Jawa Timur.

Maulana Mickael Jalur Fungsional Mudik Lebaran 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com