Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Schindler Mengklaim Lift Tercepat Indonesia Ada di Gama Tower

Kompas.com - 08/04/2017, 11:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KompasProperti - Salah perusahaan lift dan eskalator ternama dunia Schindler mengklaim telah mengoperasikan lift paling cepat di Indonesia.

Lift tersebut beroperasi di gedung tertinggi Indonesia saat ini, yakni Gama Tower di bilangan Jalan HR Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan.

"Di sana kurang lebih ada 30 lift dan itu high speed. Kecepatannya paling tinggi di Indonesia, 8 meter per detik," tutur Key Account Director PT Berca Schindler Lifts Michael Adrianto, di Jakarta, Jumat (7/4/2016).

Michael menambahkan, lift-lift yang melayani 68 lantai di Gama Tower tersebut mencatatkan pendapatan tertinggi bagi Schindler, yakni lebih dari 10 juta dollar Amerika Serikat (AS).

Selain itu, Michael juga berani mengklaim lift tercepat di Gama Tower itu sebagai satu-satunya di Indonesia dan belum ada kompetitor yang menyamainya.

Kendati demikian, kecepatan pada sebuah lift didasari dari desain, kebutuhan, dan tinggi gedung sehingga yang dipasang di Gama Tower belum tentu bisa dilakukan di gedung-gedung lainnya.

Untuk gedung 20 lantai misalnya, harus dianalisa dulu berapa populasinya, dan jumlah liftnya sehingga kecepatannya efisien.

"Karena kalau 20 lantai dikasih lift seperti Gama Tower sama saja seperti naik Ferrari tapi macet, nggak sampai kecepatan maksimalnya. Jadi cocoknya kalau 20 lantai ya 2,5 meter per detik," pungkas Michael.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com