Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Digunakan, Wisma Atlet Jakabaring Dilengkapi Furnitur

Kompas.com - 07/04/2017, 10:56 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

PALEMBANG, KompasProperti - Lima menara rumah susun (rusun) yang akan dijadikan wisma atlet pada gelaran Asian Games 2018 di Palembang telah memasuki tahap akhir pembangunan.

Rusun yang dibangun di Kompleks Olahraga Jakabaring tersebut saat ini progresnya telah memasuki 98 persen dan diperkirakan dapat menampung hingga 1.320 atlet.

Pembangunan wisma atlet di Jakabaring ini merupakan upaya pemerintah dalam menyukseskan Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang.

Oleh karena itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus menyelesaikan pembangunan wisma atlet yang tak hanya ada di Palembang, tetapi juga di Jakarta.

Untuk Rusun atau wisma atlet di Kemayoran progresnya saat ditinjau Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa waktu lalu sudah 70 persen.

"Sedangkan di Jakabaring wisma atlet yang dibangun 2015 dan 2016 sudah selesai dan tinggal penyempurnaan fasilitas pendukung dan meubelair," jelas Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, dalam siaran pers yang diterima KompasProperti, Jumat (7/4/2017).

Anggaran yang digunakan untuk membangun lima menara wisma atlet tersebut sejak 2015-2016 adalah sekitar Rp 97,5 miliar.

Pada 2015 dibangun tiga twin block rusun dengan masing-masing memiliki 66 unit tipe 36 setinggi lima lantai.

Sedangkan pada 2016, pembangunan rusun dilakukan sebanyak dua twin blok dengan jumlah dan ukuran unit yang sama.

"Masing-masing menara rusun memiliki luas sekitar 3.750 meter persegi dan setiap twin block dapat menampung 264 orang dengan perkiraan setiap unit rusun akan dihuni dua orang atlet," imbuh Syarif.

Selain membangun wisma atlet, Kementerian PUPR juga telah melengkapi bangunan vertikal tersebut dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti sambungan listrik, saluran air bersih, dan meubelair berupa tempat tidur, meja kursi tamu, lemari pakaian, serta meja makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com