Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Kemang Penthouse, BRI Fasilitasi Kredit Proyek-proyek Eureka

Kompas.com - 06/04/2017, 19:29 WIB

Jakarta, KompasProperti - PT Mahardika Gagas Sejahtera (MGS), pengembang Kemang Penthouse, menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk memfasilitasi pemberian Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) Kemang Penthouse. BRI juga menawarkan fasilitas kredit proyek-proyek yang dikembangkan kelompok usaha Group Eureka tersebut. 

"Kerja sama ini nantinya memang akan saling berkaitan antara satu kegiatan bisnis dengan bisnis lainnya. Untuk KPA kami yakin potensinya masih bagus untuk dikerjasamakan dalam hal pembiayaan," ujar Lukman Purnomosidi, Direktur Utama PT Mahardika Gagas Sejahtera, Kamis (6/4/2017).

Sementara itu, Kepala Divisi Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sutadi Prayitno, mengatakan kerja sama tersebut merupakan skema kredit multi facility yang diberikan kepada entitas usaha di bawah Eureka Group. Pihak BRI akan memfasilitasi pembiayaan bagi seluruh aktivitas pengembangan, mulai pemasaran unit properti seperti KPA/KPR, konstruksi, hingga layanan gedung.

"Jika kerjasama ini berjalan, tentu akan menjadi sesuatu yang luar biasa. Karena kerjasama seperti ini baru pertama kami lalukan," ujar Sutadi.

Sutadi menyebut, pemberian fasilitas kredit tersebut tidak terlepas dari ketertarikannya terhadap konsep pengembangan proyek-proyek milik Eureka Group yang beragam, mulai hunian sampai komersial. Yanga terakhir, yaitu Pusat Grosir Asperindo Cileduk (PGAC), bahkan merangkum lebih dari 3000 unit kios.

Lewat proyek itu, lanjut Sutadi, selain membiayai kepemilikan kios, BRI juga punya peluang memberikan fasilitas kredit modal kerja bagi para pedagang grosir. Pihaknya juga bisa mengoptimalkan pemasaran produk-produk consumer banking lain seperti kartu kredit, KKB (kredit kendaraan bermotor), bahkan asuransi melalui program promo bersama ‘saling memberi kontribusi’ yang manis dan cantik.

"Artinya, masih memungkinkan menawarakan KPA/KPR dengan bunga nol persen dan angsuran yang lebih ringan. Caranya, kami (BRI-Eureka) sama-sama berkontribusi memberi subsidi," kata Sutadi. 

Dia berharap dengan kerja sama tersebut pertumbuhan portofolio kredit konsumer BRI tahun ini bisa terdongkrak. Berdasarkan data dua bulan terakhir, rata-rata pencapaian kredit konsumer BRI sebesar Rp 900 – Rp 950 miliar per bulan.

"Angka ini meningkat hampir tiga kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com