Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Pengelolaan SDA, Basuki Gelar Rapat dengan China

Kompas.com - 06/04/2017, 16:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengadakan pertemuan dengan Menteri Sumber Daya Air (SDA) China Chen Lei di Gedung Kementerian PUPR Jakarta, Kamis (6/4/2017).

"Ini merupakan kunjungan persahabatan antar menteri, kemarin saya ke China diterima beliau dan sekarang beliau ke sini saya terima untuk mempererat hubungan dalam pengelolaan SDA," kata Basuki.

Menurut Basuki, China merupakan negara besar dengan pengalaman segudang dalam pengelolaan SDA karena tercatat telah membangun bendungan sejak dua abad sebelum Masehi.

Hal itu ditambah jumlah bendungan yang mencapai 100.000 unit, dan adanya bendungan terbesar di dunia, yakni Three Gorges Dam dengan kapasitas tampung 700 miliar meter kubik untuk menghasilkan listrik sebesar 22.000 megawatt (MW).

Selain soal bendungan, pertemuan tersebut juga digunakan Basuki untuk membahas permasalahan dalam pengelolaan danau di Indonesia.

"Saat ini kita punya banyak danau yang kurang sehat seperti Rawa Pening, Sentarum di Kalimantan, dan Taliwang di Sumbawa. Mereka menerangkan tentang Tai Lik, itu menceritakan merestorasi danau di sana. Kami belajar dari itu," tuntas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com