Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Dorong Pengembang Besar Bersinergi dengan Pengembang Daerah

Kompas.com - 01/04/2017, 17:37 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KUTA, KompasProperti - Asosiasi pengembang Real Estate Indonesia (REI), menggelar peringatan HUT ke-45 di Pulau Dewata Bali.

Acara ini dihadiri pengurus REI dari 34 provinsi di tanah air. Menurut ketua umum DPP REI Soelaeman Soemawinata pada HUT kali ini dibahas peran REI dalam mendukung program Satu Juta Rumah yang dicanangkan pemerintah bagi masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Tahun ini kami targetnya 200.000 rumah MBR, untuk mempercepat itu salah satunya dengan memberi kesempatan pengembang besar bekerja sama dengan pengembang daerah," kata Soelaeman, saat menggelar jumpa pers di Hotel Anvaya - Kuta, Sabtu (1/4/2017).

Dijelaskan Soelaeman kerja sama tersebut dapat dilakukan dengan cara pengembang besar membeli lahan di daerah. Sedangkan pengembang lokal dapat menggarap aspek pemasaran.

"Instrumen perjanjiannya biasa antar privat sektor. Misalnya jakarta siapkan lahan daerah cari pasarnya, tinggal nanti diatur pembagian hasilnya," kata Soelaeman.

Selain soal kerja sama antara pengembang besar dan daerah kali ini REI juga menitikberatkan pemerataan penyediaan MBR.

Karena itu REI akan mempromosikan investasi ke daerah-daerah seperti kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Kami ingin sinergi dengan pemerintah, termasuk pengembangan 10 destinasi baru pariwisata salah satunya Mandalika," ujar Soelaeman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com