Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota di Belanda Bangun Jalur Khusus Pecandu Gawai

Kompas.com - 01/04/2017, 11:19 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Quartz

BODEGRAVEN, KompasProperti - Bagi orang-orang yang tinggal di kota, berjalan sambil melihat ponsel atau tablet di trotoar merupakan hal yang lumrah.

Selain menyebalkan bagi pejalan kaki lainnya, ada beberapa bukti bahwa perilaku ini meningkatkan kemungkinan tertabrak mobil.

Untuk menghindari kecanduan warga akan ponsel pintar, sebuah kota di Belanda mencoba program percontohan dengan menempatkan lampu lalu lintas di tempat yang mudah terlihat, yakni di trotoar.

"Daya tarik dari media sosial, permainan, WhatsApp dan musik bisa mengorbankan perhatian lalu lintas," kata anggota dewan lokal Kees Oskam.

Bukan seperti lampu lalu lintas yang berdiri untuk mengatur kendaraan, lampu pada program baru ini ditempatkan di bawah, mengingat pengguna ponsel pasti menunduk.

Bodegraven, sebuah kota di Belanda, telah menginstal LED strip di trotoar yang tersambung dengan sinyal lalu lintas.

Lampu ini akan berubah menjadi merah atau hijau di perlintasan pejalan kaki. Dengan demikian, orang-orang yang tengah melihat ponselnya tetap bisa memantau lampu lalu lintas.

Program ini dilaksanakan oleh Sistem Lalu Lintas HIG, yakni perusahaan. Sejauh ini, lampu tersebut telah dipasang di persimpangan tunggal sebagai proyek percontohan.

Namun, perusahaan berharap untuk menyebarkan ide untuk kota-kota dan kota-kota lain jika percobaan sukses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Quartz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com