Cuma Ada 6 Apartemen Seharga Rp 350 juta di Jakarta - Kompas.com

Cuma Ada 6 Apartemen Seharga Rp 350 juta di Jakarta

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 28/03/2017, 18:30 WIB
thinkstock Ilustrasi apartemen

JAKARTA, KompasProperti - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan kembali memaparkan program uang muka atau down payment (DP) 0 persen atau 0 rupiah.

Dalam debat di salah stasiun televisi, Senin (27/3/2017) malam, Anies menegaskan program tersebut tidak membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membayar seluruh pembelian rumah oleh masyarakat, melainkan hanya DP-nya saja.

"Kalau harga rumah Rp 350 juta maka masyarakat DKI Jakarta harus bayar DP Rp 52 juta dan itu yang mau kami hilangkan, kami ringankan," kata Anies.

Hingga saat ini, Program DP Rumah 0 Persen masih dianggap tidak mungkin dapat dilaksanakan di Jakarta.

Selain harga lahan sudah semakin tinggi yang mengakibatkan harga rumah kian selangit, juga memberatkan APBD DKI Jakarta.

Baca: Jakarta Mesti Kucurkan Rp 67,6 Triliun untuk Program DP Rumah 0 Persen

Pemprov DKI Jakarta mesti menggelontorkan dana tak kurang dari Rp 67,6 triliun guna membayar DP Rp 52 juta untuk 1,3 juta rumah tangga yang belum memiliki rumah.

Dus, fakta bahwa di Jakarta saat ini sudah tidak didapatkan rumah formal dengan harga di bawah Rp 350 juta. Rumah formal yang dimaksud adalah rumah tapak (di atas tanah) pertama atau primary home.

Riset KompasProperti melaporkan, rumah dengan harga di bawah Rp 350 juta berada di kawasan penyangga Jakarta, seperti Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Baca: Ini Daftar Perumahan yang Bisa Dibeli Generasi Milenial

Lantas, bagaimana halnya dengan apartemen? Apakah masih ada yang dijual dengan harga kurang dari atau setara Rp 350 juta di Jakarta?

Baca: Ini Pilihan Apartemen untuk Generasi Milenial

Berdasarkan data KompasProperti, jumlah apartemen dengan harga Rp 350 juta atau di bawahnya bisa dihitung menggunakan jari.

Pertama ada LRT City di Ciracas, Jakarta Timur. Apartemen yang dikembangkan PT Adhi Karya (persero) Tbk melalui departemen Transit Oriented Development (TOD) dan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) ini dipasarkan sekitar Rp 300 juta.

Kemudian yang kedua ada Pantai Indah Kapuk 2 Tokyo Riverside di Jakarta Utara. Agung Sedayu Group membanderol apartemen di sana dengan rentang harga Rp 248 juta sampai dengan Rp 604 juta.

Apartemen ketiga adalah East 8 Cibubur di Jakarta Timur. PT Karya Cipta Group menjual unit-unit apartemen di sana seharga Rp 292 juta.

Masih di Jakarta Timur, tepatnya di Cijantung terdapat apartemen dengan harga di bawah Rp 350 juta di dalam proyek Prajawangsa City bestan PT Synthesis Karya Pratama yang dijual dengan harga Rp 300 juta.

Kelima adalah Sentra Timur Residence. KSO PT Bakrie Pangripta Loka dan Perum Perumnas menawarkan unit-unit apartemen Shappire Tower seharga Rp 300 juta.

Selanjutnya Jakarta Living Star yang dibesut PT Sindeli Propertindo Abadi ini, hanya butuh pundi Rp 260 juta per unit terkecil.

Sementara apartemen dengan harga Rp 350 juta ke bawah kondisinya masih seperti yang terjadi pada sektor rumah tapak.

Proyek apartemen dengan harga seperti itu masih banyak berada di wilayah penyangga ibu kota seperti Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM