Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2017, 18:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan kembali memaparkan program uang muka atau down payment (DP) 0 persen atau 0 rupiah.

Dalam debat di salah stasiun televisi, Senin (27/3/2017) malam, Anies menegaskan program tersebut tidak membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membayar seluruh pembelian rumah oleh masyarakat, melainkan hanya DP-nya saja.

"Kalau harga rumah Rp 350 juta maka masyarakat DKI Jakarta harus bayar DP Rp 52 juta dan itu yang mau kami hilangkan, kami ringankan," kata Anies.

Hingga saat ini, Program DP Rumah 0 Persen masih dianggap tidak mungkin dapat dilaksanakan di Jakarta.

Selain harga lahan sudah semakin tinggi yang mengakibatkan harga rumah kian selangit, juga memberatkan APBD DKI Jakarta.

Baca: Jakarta Mesti Kucurkan Rp 67,6 Triliun untuk Program DP Rumah 0 Persen

Pemprov DKI Jakarta mesti menggelontorkan dana tak kurang dari Rp 67,6 triliun guna membayar DP Rp 52 juta untuk 1,3 juta rumah tangga yang belum memiliki rumah.

Dus, fakta bahwa di Jakarta saat ini sudah tidak didapatkan rumah formal dengan harga di bawah Rp 350 juta. Rumah formal yang dimaksud adalah rumah tapak (di atas tanah) pertama atau primary home.

Riset KompasProperti melaporkan, rumah dengan harga di bawah Rp 350 juta berada di kawasan penyangga Jakarta, seperti Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Baca: Ini Daftar Perumahan yang Bisa Dibeli Generasi Milenial

Lantas, bagaimana halnya dengan apartemen? Apakah masih ada yang dijual dengan harga kurang dari atau setara Rp 350 juta di Jakarta?

Baca: Ini Pilihan Apartemen untuk Generasi Milenial

Berdasarkan data KompasProperti, jumlah apartemen dengan harga Rp 350 juta atau di bawahnya bisa dihitung menggunakan jari.

Pertama ada LRT City di Ciracas, Jakarta Timur. Apartemen yang dikembangkan PT Adhi Karya (persero) Tbk melalui departemen Transit Oriented Development (TOD) dan Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) ini dipasarkan sekitar Rp 300 juta.

Kemudian yang kedua ada Pantai Indah Kapuk 2 Tokyo Riverside di Jakarta Utara. Agung Sedayu Group membanderol apartemen di sana dengan rentang harga Rp 248 juta sampai dengan Rp 604 juta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com