Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin seperti Singapura, Kota Palembang Percantik Kawasan Pedestrian

Kompas.com - 28/03/2017, 12:49 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber ANTARA

PALEMBANG, KompasProperti - Ingin seperti Singapura, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggandeng kalangan seniman untuk mengembangkan kawasan pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman.

Kawasan ini nantinya akan dijadikan salah destinasi wisata menyambut Asian Games XVIII di Palembang tahun 2018.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, jalur pedestrian atau kawasan pejalan kaki di Jalan Sudirman saat ini terus dipercantik sehingga nyaman untuk wisata di siang dan malam hari.

"Kegiatan seni akan digalakkan di kawasan pedestrian ini, seperti penampilan pantonim, biola, dan aksi lainnya," kata Harnojoyo seperti dikutip Antara, Selasa (28/3/2017).

Jalur pedestrian sepanjang Jalan Sudirman mulai dari Pasar Cinde sampai Bundaran Air Mancur saat ini sudah dipercantik dengan lampu hias, tempat duduk, dan hiasan bunga taman.

Bukan hanya memperbaiki, tambah Harnojoyo, pemkot juga berupaya mengembalikan fungsi jalur pedestrian sebagai kawasan nyaman bagi pejalan kaki, dan bisa dijadikan lokasi wisata karena berada di jalan protokol.

"Kami ingin kawasan pedestrian ini seperti di Singapura," kata dia.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengingatkan Pemkot Palembang untuk memanfaatkan momen terpilihnya kota ini sebagai tuan rumah Asian Games dengan memperbaiki infrastruktur, sarana dan prasarana.

"Kota Palembang harus layak sebagai tuan rumah, untuk itu bukan hanya infrastruktur transfrotasinya yang dimodernkan, tapi juga kotanya harus dihijaukan dan dibersihkan. Ajukan saja ke pusat berapa kebutuhan, asal jelas dan bisa dipertanggungjawabkan pasti dibantu karena Palembang tuan rumah Asian Games," tutur Alex.

Ia menilai, jumlah taman kota masih sangat sedikit, demikian juga kawasan pejalan kaki. Oleh karena itu, Palembang harus dipercantik, taman-taman ditata, lampu-lampu hias dipasang, papan-papan reklame harus dirapikan lagi, termasuk kawasan pejalan kakinya.

"Kota Palembang harus dibuat cantik dan tidak kalah dengan kota-kota internasional lain di dunia," imbuh Alex.

Kota Palembang saat ini tengah fokus membangun infrastruktur untuk persiapan menjadi tuan rumah Asian Games, di antaranya, Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, jalan layang, jalan trowongan, jalan tol, dan kereta api ringan (LRT).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com