Di China, Kereta Bisa Menembus Apartemen - Kompas.com

Di China, Kereta Bisa Menembus Apartemen

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 27/03/2017, 14:03 WIB
cnn Chongqing Rail Transit No. 2

CHONGQING, KompasProperti - Dengan lebih dari 49 juta penduduk berdesakan di Chongqing, China, perencana kota harus memikirkan solusi infrastruktur kreatif untuk ruang terbatas yang ada.

"Kota kami sangat berat untuk pembangunan dan membuat ruang untuk jalan dan jalur kereta merupakan tantangan nyata," kata juru bicara angkutan kota.

Oleh sebab itu, arsitek dan perencana di kota tersebut telah merancang sebuah inovasi dengan membuat ruang untuk jalur kereta ke dalam gedung-gedung apartemen.

Jalur kereta api yang tidak biasa ini menembus bangunan apartemen setinggi 19 lantai di Chongqing, yang terletak di sudut selatan-barat dari negara Asia Timur.

Chongqing Rail Transit No. 2 dan gedung yang dibangun bersamaan, menjadi solusi kreatif untuk kurangnya ruang di kota sehingga angkutan publik dikemas dengan gedung pencakar langit.

Ini memudahkan warga untuk dapat naik kereta di Liziba Station, yang terletak di lantai 6 sampai 8 di dalam gedung tersebut.

Peralatan untuk mengurangi kebisingan dipasang di stasiun yang membuat suara kereta hanya seperti mesin pencuci piring standar.

Stasiun monorel ini dibuka pada tahun 2004 di daerah yang dikenal sebagai 'Mountain City', karena medannya berbukit.

PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Sumbertelegraph
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM