Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di China, Kereta Bisa Menembus Apartemen

Kompas.com - 27/03/2017, 14:03 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber telegraph

CHONGQING, KompasProperti - Dengan lebih dari 49 juta penduduk berdesakan di Chongqing, China, perencana kota harus memikirkan solusi infrastruktur kreatif untuk ruang terbatas yang ada.

"Kota kami sangat berat untuk pembangunan dan membuat ruang untuk jalan dan jalur kereta merupakan tantangan nyata," kata juru bicara angkutan kota.

Oleh sebab itu, arsitek dan perencana di kota tersebut telah merancang sebuah inovasi dengan membuat ruang untuk jalur kereta ke dalam gedung-gedung apartemen.

Jalur kereta api yang tidak biasa ini menembus bangunan apartemen setinggi 19 lantai di Chongqing, yang terletak di sudut selatan-barat dari negara Asia Timur.

Chongqing Rail Transit No. 2 dan gedung yang dibangun bersamaan, menjadi solusi kreatif untuk kurangnya ruang di kota sehingga angkutan publik dikemas dengan gedung pencakar langit.

Ini memudahkan warga untuk dapat naik kereta di Liziba Station, yang terletak di lantai 6 sampai 8 di dalam gedung tersebut.

Peralatan untuk mengurangi kebisingan dipasang di stasiun yang membuat suara kereta hanya seperti mesin pencuci piring standar.

Stasiun monorel ini dibuka pada tahun 2004 di daerah yang dikenal sebagai 'Mountain City', karena medannya berbukit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com