Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Danai Perumahan Senilai 450 Juta Dollar AS

Kompas.com - 26/03/2017, 08:42 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Badan Direksi Eksekutif Bank Dunia pada 17 Maret 2017 telah menyetujui pendanaan sebesar 450 juta dollar Amerika Serikat (AS) untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia memperluas akses perumahan terjangkau bagi keluarga berpendapatan rendah (MBR).

Bank Dunia menyebutkan, sebagian dari pendanaan itu dimanfaatkan melalui skema Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) milik pemerintah dengan sasaran pemilik rumah pertama.

Skema tersebut merupakan bantuan uang muka sesuai dengan  jumlah tabungan peneriman bantuan dan juga cicilan sesuai standar pasar yang diberikan oleh institusi peminjam yang berpartisipasi dalam program ini.

Selain itu, pendanaan juga akan mendukung peningkatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), dengan sasaran 40 persen keluarga berpenghasilan terbawah di Indonesia.

“Indonesia sedang mengambil langkah maju yang besar melalui program ini untuk memastikan agar keluarga berpendapatan rendah mempunyai rumah yang layak, aman dan terjangkau," kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia Rodrigo Chaves.

Pemberian akses rumah terjangkau ke masyarakat Indonesia diyakini Chaves merupakan hal penting dalam meningkatkan pemerataan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan.

Selain itu, perumahan yang lebih baik juga telah terbukti membawa dampak positif terhadap capaian kesehatan masyarakat, pendidikan dan tenaga kerja.

Indonesia saat ini tengah menghadapi permintaan perumahan terjangkau dalam jumlah besar dengan kebutuhan satu juta unit tiap tahunnya.

Sekitar 20 persen dari 64,1 juta unit rumah berada dalam kondisi buruk. Sedangkan 22 persen penduduk perkotaan Indonesia atau sekitar 29 juta orang masih tinggal di kawasan kumuh.

Selain membantu akses rumah terjangkau, pendanaan ke depannya akan mendukung pemerintah dalam memajukan kebijakan dan reformasi institusi yang bertujuan memperkuat fondasi pasar perumahan.

Program ini akan dijalankan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan memberi fokus mengatasi kurangnya persediaan rumah dan memperbaiki kualitas rumah di wilayah perkotaan yang tumbuh pesat.

Dengan semakin banyaknya orang yang tinggal dan bekerja di perkotaan, dukungan bagi proses urbanisasi yang inklusif dan terencana semakin penting.

"Selain itu juga menambah pasokan perumahan yang cukup dengan layanan umum berkualitas serta lingkungan yang saling terhubung menjadi semakin penting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” pungkas Program Leader Bank Dunia Taimur Samad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com