16 Fakta Menakjubkan Rumah Bill Gates (II) - Kompas.com

16 Fakta Menakjubkan Rumah Bill Gates (II)

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 24/03/2017, 17:00 WIB
Rumah Bill Gates.

WASHINGTON, KompasProperti - Majalah Forbes baru-baru ini merilis daftar orang terkaya di dunia. Pendiri Microsoft Bill Gates kembali menjadi pemuncak 2017 untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

Hal itu disebabkan kenaikan asetnya dari 75 miliar dollar Amerika Serikat (AS) pada 2016 menjadi 86 miliar dollar AS pada tahun ini.

Sebagai orang paling kaya di kolong langit, bukan perkara mengejutkan jika Bill Gates memiliki rumah dengan harga dan fasilitas yang fantastis.

Gates memerlukan waktu tujuh tahun dan biaya 63 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 839,7 miliar untuk membangun rumahnya yang dia namakan "Xanadu 2.0" di Medina, kawasan perumahan elite Washington.

Berada di atas lahan seluas 6.131 meter persegi, "Xanadu 2.0" merupakan rumah yang amat besar dan berisikan banyak hal dengan teknologi tinggi.

Berikut ini bagian kedua dari dua tulisan tentang 16 fakta yang ada di Xanadu 2.0 milik Bill Gates.

Bagian pertama bisa diklik di sini.

9. Terdapat 24 kamar mandi yang 10 di antaranya kamar mandi lengkap

Kamar mandi sebanyak itu akan sangat berguna ketika Gates mengadakan sebuah pesta yang sangat besar. Jika tidak, maka keberadaannya nampak seperti sebuah kesia-siaan.

10. Ada 10 dapur

Dapur-dapur tersebut berada di tiap bagian berbeda di rumah, jadi staf Gates akan siap kapan pun untuk acara-acara tertentu.

11. Terdapat perpustakaan besar

Perpusatakaan seluas 640 meter persegi beratap kubah dan dua rak buku rahasia, termasuk satu yang menyembulkan sebuah bar tersembunyi.

Perpustakaan itu juga menjadi tempat diletakkannya Codex Leicester, sebuah manuskrip abad 16 milik Leonardo Da Vinci yang Gates dapat dari pelelangan.

Harga manuskrip ini 30,8 juta dollar AS atau senilai Rp 410 miliar pada 1994 silam.

12. Memiliki bioskop

Sebuah bioskop dengan kapasitas 20 orang, dirancang dalam gaya Art Deco dan memiliki tempat duduk nyaman, sofa, dan mesin pembuat berondong jagung ada di dalam Xanadu 2.0.

13. Rumah tamu dengan teknologi tingkat tinggi sama dengan rumah utama

Menurut US News, rumah tamu seluas 579 meter persegi merupakan bangunan pertama yang selesai dikerjakan di atas lahan Gates.

Rumah lengkap dengan kamar tidur dan kamar mandi itu ditujukan sebagai tempat uji coba teknologi yang akan diterapkan di dalam rumah utama.

Gates kemudian menjadikan rumah tamu tersebut sebagai tempat dia menulis buku "The Road Ahead."

14. Memiliki garasi berkapasitas 23 mobil

Ada beberapa garasi yang ditempatkan di beberapa titik.

Salah garasi paling menarik adalah yang berada di gua bawah tanah yang terbuat dari beton dan besi tahan karat. Garasi itu berdaya tampung 10 mobil.

15. Pohon favorit yang diawasi selama 24 jam sehari

Gates dilaporkan menggemari pohon maple berusia 40 tahun yang tumbuh dekat jalan rumahnya.

Pohon itu dimonitor oleh komputer dan jika terpantau dalam kondisi kering akan ada air yang secara otomatis menyiramnya.

16. Seseorang pernah membayar 35 ribu dollar AS (Rp 466 juta) untuk bisa tur Xanadu 2.0

Microsoft setiap tahunnya menggelar acara lelang, di mana para karyawannya mendonasikan produk dan jasa untuk bisa dilelang yang hasilnya masuk sebagai dana sosial perusahaan.

Gates kemudian mendonasikan jasa tur pribadi Xanadu 2.0 dan seorang karyawannya berhasil memenangi hal tersebut dengan tawaran Rp 466 juta.

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X