Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cijago Bakal Dongkrak Harga Apartemen di Margonda

Kompas.com - 24/03/2017, 11:57 WIB

Depok, KompasProperti - Keberadaan apartemen di kawasan Margonda, Depok, akan diuntungkan oleh pengembangan infrastruktur tol Cinere-Jagorawi (Cijago) yang akan dioperasikan akhir tahun ini. Nilai investasinya akan makin tinggi.

"Semua tahu kalau harga properti yang berada di sekitar atau dekat pintu tol pasti lebih tinggi. Pintu tol dinilai sangat strategis untuk pemilik apartemen," Mujahid, Direktur Utama Orchid Realty, Jumat (24/3/2017).

Orchid Realty misalnya, lanjut Mujahid, akan dibangun Agustus tahun ini. Dengan keberadaannya yang hanya berjarak 300 meter dari pintu tol Cijago 2 di Jl Margonda, posisinya akan menjadi sangat strategis. Apalagi hunian jangkung ini juga ada di gerbang baru Universitas Indonesia (UI).

"Ini dua keuntungan ganda buat penghuninya," kata Mujahid.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, pernah menyatakan bahwa tol Cijago Seksi II (Jalan Raya Bogor - Kukusan) ditargetkan selesai akhir 2017. Ruas jalan bebas hambatan ini dari dua bagian, yakni Margonda-Cisalak dan Margonda-Kukusan dengan progres konstruksi masing-masing mencapai 68 persen dan 50 persen pada awal Maret ini.

Tol Cijago sendiri akan terdiri dari tiga seksi. Seksi I (Cimanggis - Jalan Raya Bogor) sudah beroperasi pada 2012. Sementara Seksi III (Kukusan - Cinere) masih dalam proses pembebasan lahan yang mencapai 3 persen.

"Kami terus dorong penyelesaian tol ini, karena seksi kedua diargetkan selesai akhir tahun ini. Nanti akses keluar-masuk tol akan berada di Jalan Raya Bogor, Margonda, dan Cinere," ujarnya.

Khusus wanita

Di antara apartemen yang sudah berdiri di kawasan Margonda, Depok, umumnya pengembang berebut mencuri perhatian untuk mendekati tol Cijago. Hal itu juga yang dilakukan pengembang Logios Depok.

Proyek senilai Rp 600 miliar di luar tanah itu akan berkapasitas 1.812 unit apartemen. Hunian vertikal berketinggian 35 lantai ini terletak di Jl Pertamina, Depok, atau sekitar 300 meter dari gerbang tol Margonda Cijago.

“Saat ini tahap pembangunan marketing gallery. Aspek perizinan sedang dalam pengurusan Izin Pemanfaatan Ruang dan amdal," ujar Mujahid.

Selain menawarkan tipe studio, satu tempat tidur, dan dua tempat tidur, pihak Logios juga menyiapkan unit apartemen khusus wanita. Saat ini Orchid Realty membanderol unit apartemen itu berkisar Rp 390 sampai Rp 792 juta per unit.

"Tapi cuma ada 14 unit per lantai di 18 lantai yang ada," jelas Mujahid.

Rencananya akan ada tiga menara di Logios Depok. Satu dari tiga menara itu akan dijadikan hotel bintang tiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com