Konvensi Arsitektur Indonesia Perdana Digelar di Makassar - Kompas.com

Konvensi Arsitektur Indonesia Perdana Digelar di Makassar

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 20/03/2017, 22:00 WIB
Dokumentasi IAI Konvensi Arsitektur, 5-8 April 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan.

JAKARTA, KompasProperti - Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) telah berdiri sejak 17 September 1959 dan menjadi satu-satunya asosiasi profesi arsitek di Tanah air.

Asosiasi ini didirikan untuk menjaga dan membangun profesi arsitek yang benar di Indonesia. Pada 5 April 2017 mendatang, IAI bakal mengadakan konvensi pertama di Makassar.

"Visi tentang keberadaan arsitek di Indonesia ini bukan semata untuk kepentingan arsitek, tetapi justru untuk menjaga Indonesia, tanah air, dan bangsanya," ujar Ketua IAI Ahmad Djuhara melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Senin (20/3/2017).

Ia menuturkan, Indonesia yang kaya budaya, tanah dan bangsanya, perlu terus dijaga dengan kesadaran tentang pemahaman komprehensif tentang sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

Arsitek sebagai salah profesi penting sudah diakui perannya dalam perjalanan seluruh perkembangan peradaban dunia.

Sementara arsitektur adalah bukti artefak nyata yang sebaiknya dianggap penting dari peradaban sebuah bangsa.

Jati diri Indonesia selalu menjadi perdebatan penting dan arsitektur adalah salah hal yang sangat penting dalam menjaga identitas.

"Tidak berlebihan bila kami menyebut bahwa ketahanan dan kedaulatan bangsa Indonesia juga menyangkut arsitektur, dan profesi arsitek yang menjaganya," kata Djuhara.

Dokumentasi IAI Konvensi Arsitektur, 5-8 April 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan.
Lebih lanjut, ia menyebut IAI dibangun lewat jalan terhormat, dengan cara-cara terhormat dan akan selalu menjaga Kode Etik Profesi Arsitek IAI.

Konvensi Arsitektur IAI adalah sebuah jalan baru untuk memastikan semua upaya merawat hubungan selalu terjadi di antara semua pengampu persoalan arsitektur bangsa Indonesia.

Konvensi Arsitektur IAI akan melibatkan semua kalangan terutama pemerintah dan DPR, pelaku usaha di bidang jasa konstruksi serta masyarakat akademis.

Konvensi pertama di Makassar tersebut bertujuan untuk membangun kesadaran pemerintah dan masyarakat tentang pentingnya peran arsitek menjaga tanah air dan bangsa Indonesia.

Selain itu, konvensi ini diharapkan juga dapat membangun kesadaran di antara anggota IAI sendiri bahwa profesi arsitek yang mulia ini penting buat Indonesia.

"Mari kita merayakan kesadaran itu melalui Konvensi Arsitektur IAI ini. Ke depan kita perlu buktikan bahwa memang profesi arsitek kita ini penting untuk Indonesia," tandas Djuhara.

Konvensi Arsitektur IAI digelar mulai 5 April 2017-8 April 2017 di Four Points Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan.

Berbagai materi diskusi yang digelar antara lain Kota-kota Progresif, Environment Design, Sosialisasi Program Profesi Arsitek, dan Arsitektur Penjara.

PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM