Pemkot Yogyakarta Anggarkan Rp 15 Miliar Perbaiki Lima Ruas Jalan - Kompas.com

Pemkot Yogyakarta Anggarkan Rp 15 Miliar Perbaiki Lima Ruas Jalan

Kompas.com - 20/03/2017, 15:37 WIB
Wawan H Prabowo (WAK) Sektor Pariwisata Lumpuh - Pengendara melewati Jalan Malioboro Yogyakarta yang diselimuti abu vulkanik letusan Gunung Kelud Jawa Timur, Sabtu (15/2). . Letusan Gunung Kelud mengakibatkan lumpuhnya sektor pariwisata di berbagai daerah di Indonesia. Kompas/Wawan H Prabowo

YOGYAKARTA, KompasProperti - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta memperoleh dana alokasi khusus (DAK) Rp 15 miliar.

DAK ini akan digunakan untuk perbaikan sejumlah ruas jalan yang masuk dalam daftar prioritas.

Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Umi Akhsanti menuturkan ada lima ruas jalan yang akan diperbaiki dan dimasukkan dalam empat paket pekerjaan.

"Seluruhnya sudah masuk lelang," kata Umi di Yogyakarta, seperti dikutip Antara, Senin (20/3/2017).

Keempat paket lelang tersebut adalah perbaikan Jalan Veteran dengan alokasi dana Rp 4,1 miliar, dan total volume pekerjaan 1.490 meter persegi.

Kemudian Jalan Melati Wetan dan Jalan Mojo dialokasikan Rp 2,5 miliar dengan total volume pekerjaan 950 meter persegi.

Berikutnya, Jalan Rejowinangun Rp 2,4 miliar dengan total volume pekerjaan 450 meter persegi, dan Jalan Imogiri Timur dialokasikan Rp 5,6 miliar dengan total volume pekerjaan 1.280 meter persegi.

Selain melakukan peningkatan jalan dengan cara overlay (dilapisi aspal) sejumlah ruas jalan yaitu Jalan Imogiri Timur, Jalan Rejowinangun, dan Jalan Veteran, juga akan dilakukan pembangunan saluran air hujan.

Umi menjelaskan, Dinas PUPKP Kota Yogyakarta bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Pemerintah DIY telah melakukan pendataan kondisi jalan dan menetapkan sebanyak 19 ruas jalan yang masuk dalam prioritas perbaikan.

Seluruh pekerjaan perbaikan jalan ditargetkan selesai pada 2019.

Penentuan prioritas tersebut dilakukan berdasarkan beberapa faktor di antaranya kondisi fisik jalan berlubang atau mengalami kerusakan lain, kondisi lalu lintas, dan beban jalan serta koordinasi dengan instansi lain.

"Misalnya, di ruas jalan tersebut akan dilakukan pembangunan saluran dalam dua tahun ke depan, maka kami tidak akan masukkan dalam skala prioritas karena jalan akan dibongkar lagi," ucapnya.

Selain menggunakan dana dari pusat, Pemerintah Kota Yogyakarta juga tetap menganggarkan dana untuk perbaikan jalan melalui APBD pada tahun ini sekitar Rp 10 miliar.

"Ada lima paket pekerjaan. Di antaranya Jalan Patangpuluhan, Jalan Gedongkiwo, Jalan Minggiran dan Jalan Balapan. Kami upayakan pekerjaan sudah masuk lelang pada April," ungkap Umi.

Pada tahun ini, lanjut dia, baru ada sembilan ruas jalan yang diperbaiki dan akan dilanjutkan tahun berikutnya sesuai kemampuan anggaran pemerintah.

EditorHilda B Alexander
SumberANTARA
Komentar
Close Ads X