Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samarinda-Balikpapan Masuk Nominasi Anugerah Pangripta Bappenas

Kompas.com - 17/03/2017, 10:40 WIB

SAMARINDA, KompasProperti - Kota Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan Timur, masuk nominasi penilaian Anugerah Pangripta Nusantara 2017 (APN) yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Samarinda Asli Nuryadin mengatakan, sebelumnya kedua kota tersebut tidak pernah masuk nominasi.

"Itu karena kami memang belum menerapkan kinerja yang terukur. Tahun ini kami masuk nominasi APN. Balikpapan nominasi pertama dan Samarinda nominasi kedua," ujar Nuryadin seperti dikutip Antara, Jumat (17/3/2017).

Nuryadin melanjutkan, penilaian APN 2017 berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni memisahkan antara kategori kabupaten dan kota.

Sedangkan berdasarkan hasil evaluasi tim penilai tingkat Provinsi Kaltim untuk kategori kota terhadap dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2017, Balikpapan dan Samarinda masuk nominasi untuk diusulkan ke tingkat nasional.

Penilaian APN diselenggarakan setiap tahun baik untuk kategori provinsi, kabupaten, dan kota, terutama bagi daerah yang mempunyai dokumen RKPD terbaik dalam satu wilayah.

Penilaian APN bertujuan mendorong setiap daerah menyiapkan dokumen rencana pembangunan secara baik, konsisten, komprehensif, terukur, sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah demi mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik.

Menurut Nuryadin, pembangunan yang baik adalah pembangunan yang direncanakan dengan baik dan terukur.

Sedangkan untuk melihat bagaimana proses perencanaan telah dilakukan dengan benar, maka harus dibuktikan dengan dokumen yang telah tersusun.

Hal ini bahkan sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN).

"UU ini menyatakan perencanaan yang baik menjadi salah satu penentu keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional," jelasnya.

Dalam perencanaan atau penyusunan dokumen pembangunan, setiap daerah memiliki isu, karakteristik, dan kapasitas yang berbeda, sehingga Bappenas memberikan apresiasi bagi daerah yang berhasil menyusun dokumen dengan baik melalui penghargaan APN.

Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan upaya peningkatan mutu perencanaan.

Melalui penghargaan diharapkan dapat memberikan dorongan semangat daerah meningkatkan mutu dokumen rencana pembangunan, sekaligus memperkuat sinergi perencanaan pembangunan antar sektor, antardaerah dan wilayah, bahkan antara pusat dan daerah.

"Tahun ini kami tidak harus mendapat yang terbaik dalam APN, tapi bisa masuk nominasi saja sudah menggambarkan adanya perbaikan perencanaan pembangunan. Karena kami memang baru mulai tahun ini," tutup Nuryadin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com