Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2017, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber ANTARA

BANDA ACEH, KompasProperti - Balai Wilayah Sungai Sumatera I Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan studi revitalisasi Danau Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Kepala Seksi Pelaksanaan Balai Wilayah Sungai Sumatera I Azriyan mengatakan revitalisasi diperlukan agar Danau Laut Tawar berfungsi maksimal untuk masa depan masyarakat Aceh Tengah.

"Kondisi Danau Laut Tawar telah mengalami penyusutan serta berbagai masalah lainnya sehingga memerlukan upaya revitalisasi," ujar Azriyan seperti dikutip Antara, rabu (15/3/2017).

Menurut dia dari hasil studi tersebut nantinya akan ada rekomendasi yang harus dilakukan untuk revitalisasi fungsi Danau Laut Tawar, baik fisik maupun non-fisik.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak dalam pelaksanaan studi tersebut . Termasuk langkah-langkah yang akan dilakukan setelah ada hasil dari studi ini," tambah Azriyan.

Bupati Aceh Tengah Nasaruddin menilai Danau Laut Tawar memang perlu direvitalisasi karena telah terjadi penurunan fungsi.

"Danau Laut Tawar memang terletak di Aceh Tengah tapi airnya dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Aceh yang berdomisili di beberapa kabupaten dan kota pesisir utara Aceh," imbuh dia.

Jika fungsi danau terganggu, lanjut Nasaruddin, yang merasakan dampaknya bukan hanya masyarakat sekitar, tapi lebih besar adalah masyarakat di pesisir atau di hilir.

"Artinya untuk pengelolaan danau perlu kebersamaan dan dukungan pemerintah provinsi maupun pusat," demikian Nasaruddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com