Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adhi Karya Pastikan 4 Stasiun LRT Selesai Konstruksinya Tahun Ini

Kompas.com - 13/03/2017, 09:20 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pembangunan light rail transit (LRT) Jabodebek oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk terus dikebut agar bisa selesai tepat waktu pada Mei 2019 mendatang.

Bukan hanya jalurnya, percepatan pembangunan juga meliputi stasiun-stasiun LRT terutama yang berada di lintas pelayanan Cibubur-Dukuh Atas.

"Sampai Dukuh Atas itu nanti akan ada 16 stasiun LRT. Hingga saat ini yang lahannya sudah kami kuasai ada 10 titik," kata Direktur Operasi II Adhi Karya Budi Saddewa Soediro, selepas Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), di Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Adhi Karya telah memulai pembangunan fisik satu dari 16 stasiun tersebut. Namun, Budi memastikan tahun ini atau tepatnya pada Juni 2017 akan memulai pembangunan empat stasiun LRT, yakni di Cikunir, Cikoko, dan Ciracas.

Nantinya, pada akhir 2017 terdapat empat stasiun LRT yang sudah terbangun di lintas pelayangan Cibubur-Dukuh Atas.

Sementara itu, untuk pembangunan stasiun LRT lintas pelayanan dari dan ke Bogor diakui Budi belum banyak dimulai dan tercatat baru dilakukan di sekitar Sentul saja.

"Ke Bogor titiknya belum ditentukan, rencananya ada di Sirkuit Sentul dan proses penguasaan lahannya akan ada di Cibinong, Gunung Putri, dan Cimanggis," imbuh Budi.

Ada pun progres keseluruhan pembangunan LRT Jabodebek saat ini baru menyentuh 15 persen sejak dimulai pada September 2015 silam.

"Saat ini progresnya sudah 15 persen dari target 45 sampai 50 persen tahun ini," pungkas Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com