Bisnis Kantor Lesu, "Co-Working Space" Naik Daun - Kompas.com

Bisnis Kantor Lesu, "Co-Working Space" Naik Daun

Kompas.com - 08/03/2017, 08:00 WIB
Google Plus co-working space Kolega

JAKARTA, KompasProperti - Pasokan yang berlebih atau oversupply pada ruang-ruang kantor di Jakarta masih terus berlangsung, seiring menjamurnya pembangunan baru.

Berdasarkan riset dari Cushman and Wakefield, saat ini ada 5,5 juta meter persegi ruang kantor di segitiga emas atau central business district (CBD) Jakarta. Dari luas total tersebut ruang kantor yang tidak tersewa 1 juta meter persegi.

Sedangkan pembangunan kantor baru yang tengah dikerjakan tercatat 1,63 juta meter persegi.

Adapun di kawasan non-CBD, pasokan kumulatif ruang kantor tercatat 3,8 juta meter persegi dengan pasokan akan datang sebanyak 633.784 meter persegi.

Di tengah gempuran pasokan ruang kantor ini, sejumlah co-working space malah mendulang kesuksesan dengan tingkat okupansi 100 persen. Contohnya Kolega.

Salah co-working space yang menjadi pionir di Indonesia sejak 2015 ini, memberi keleluasaan bagi penyewa jika membutuhkan ruang kantor dengan kapasitas di bawah 12 orang.

"Jenis kantornya bebas. Ada yang berbasis kedai kopi, ada juga yang kantor. Ruangnya bisa pilih dari kapasitas 2 hingga 12 orang," ujar pendiri Kolega, Rafi Rachmanzah kepada KompasProperti, Selasa (7/3/2017).

Menurut Rafi, co-working space bisa digunakan dengan fleksibilitas lebih tinggi dibandingkan ruang kantor biasa.

Kolega sendiri lebih berbasis komunitas dengan usaha-usaha baru dan informal, misalnya start-up company.

Co-working space hadir memberi solusi bagi para pengusaha yang memang mencari kantor dengan ruang kecil dan harga sewa terjangkau.

"Penyewa bisa bayar bulanan atau bahkan harian. Kalau pengusaha sewa kantor atau rumah, bayar sewanya kan harus di depan," kata Rafi.

Ia menambahkan, saat ini co-working space semakin digemari mengingat industri kreatif informal kian berkembang.

Para pelaku industri kreatif ini, cenderung menyukai dinamika dan fleksibilitas. Oleh sebab itu, pelaku industri kreatif sulit untuk menyewa ruang kantor formal di CBD Jakarta, seperti Sudirman.

Saat ini Kolega terdapat di 3 lokasi yaitu, Senopati, Antasari dan Tebet. Harga sewa per orangnya bervariasi mulai dari harian Rp 150.000, hingga Rp 1,5 juta per bulan.

Selain ruang kantor, Kolega juga menyediakan ruang pertemuan (meeting room) dan ruang kegiatan (event space) yang bisa disewa dalam waktu-waktu tertentu.

 


EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X