Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alfamart Gunakan Donasi Masyarakat Bangun 60 Rumah Warga Miskin

Kompas.com - 27/02/2017, 23:00 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KompasProperti - Guna menepis kabar miring mengenai tidak jelasnya penyaluran donasi yang dikumpulkan dari konsumen, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) membangun 60 rumah layak huni.

Hunian ini diperuntukan bagi warga miskin di Dusun Randusongo, Desa Kesamben Kulon, Kecamatan Wringinanom, Gresik, Jawa Timur.

Branc Manager Alfamart Basuki Rakhmat menuturkan, biaya untuk membangun dan merenovasi rumah ini berasal dari pengumpulan dana masyarakat.

Selama rentang Maret 2016, dana masyarakat yang terkumpul senilai Rp 2,136 miliar.

“Pembangunan rumah layak huni ini berasal dari donasi konsumen dari uang kembalian belanja di toko, mulai dari Rp 100 hingga Rp 500. Jadi kalau ada yang bertanya kemana peruntukkan donasi konsumen, ya ini salah satu jawabannya,” ucap Basuki kepada KompasProperti, Senin (27/2/2017).

Basuki menjelaskan, untuk saat ini memang baru 60 unit rumah layak huni bagi warga miskin yang dibangun di Dusun Randusongo.

Namun beberapa unit tambahan, dijadwalkan bakal segera diwujudkan dalam periode berikutnya, dengan disertai pembangunan fasilitas umum (fasum) berupa sumur bor di lokasi yang sama.

“Proses pembangunannya kami akui berjalan lama, karena sebelum kami menentukan rumah warga yang pantas mendapatkan bantuan, kami harus survei dan verifikasi dulu. Ini dilakukan agar program ini bisa benar-benar tepat sasaran,” terang Basuki.

Dia mencontohkan, ada warga yang rumahnya berdinding dan beratap bambu, tapi setelah disurvei dan diverifikasi ternyata memiliki banyak sapi dan beberapa bidang tanah.

"Untuk yang seperti ini, mohon maaf, tidak bisa kami masukkan dalam program,” tambahnya.

Basuki menjelaskan, untuk setiap unit rumah layak huni bagi warga miskin yang dibangun di Dusun Randusongo, rata-rata dirancang dengan ukuran 32,5 meter persegi dengan dana antara Rp 30 juta hingga Rp 40 juta.

“Menurut data yang kami peroleh pada 2015, ada sebanyak 7,9 juta rumah di Indonesia yang berstatus tidak layak huni. Masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah untuk itu, sehingga butuh uluran tangan dari banyak pihak, termasuk swasta,” papar Basuki.

Kandang kambing

Alfamart sejak 2013 telah menjalankan program pembangunan rumah layak huni bagi warga miskin tanpa banyak publikasi.

Baru mulai 2014 konsep dimatangkan dengan membangun 65 unit rumah layak huni di Semarang, dan 45 unit di Batam pada 2015.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com